Dokter Residen di Maros Positif Corona, 50 Tenaga Medis RSUD Salewangang Diisolasi

09 April 2020 22:35
Dokter Residen di Maros Positif Corona, 50 Tenaga Medis RSUD Salewangang Diisolasi

POSMAKASSAR.COM – Satu orang dokter berstatus residen di RSUD Salewangang Maros dinyatakan positif Corona (Covid-19). Akibatnya, 50 orang tenaga medis terpaksa diisolasi.

Dokter tersebut berasal dari Kota Makassar dan sedang menjalani pendidikan untuk menjadi seorang dokter spesialis (residen) di RSUD Salewangang.

“Iya, ada dokter yang berstatus residen, yang dinyatakan positif Covid -19,” ujar
juru bicara penanggulangan virus Corona Kabupaten Maros, dr. Syarifuddin, saat dikonfirmasi, Kamis (9/4/2020).

Akibat isolasi sebanyak 50 tenaga medis itu, katanya, RSUD Salewangan kini kekurangan tenaga medis untuk melayani pasien.

Sementara dokter yang disebut positif Corona, menurutnya, belum bisa dipastikan kapan dan dimana dia tertular, meski diakui lebih banyak beraktivitas di Maros.

“Sekarang dokter tersebut masuk sebagai pasien positif di Makassar, sebab ia berdomisili di Makassar. Terkait penularannya kami tidak tahu,” jelasnya.

Ia pun mengimbau agar masyarakat betul – betul berdiam diri di rumah, dan jujur ​​saat melakukan pemeriksaan diri di rumah sakit.

“Jika terus begini, tenaga medis lama – lama bisa habis dan itu akan merugikan banyak pihak,” ungkapnya.

Hal serupa diungkapkan Dirut RSUD Salewangang Maros, dr Fitri Adhicahya. Saat dikonfirmasi, dia mengatakan, seluruh perawat yang pernah kontak erat dengan dokter berstatus postif Covid -19 itu, kini sudah di rumahkan.

“Memang ada satu dokter residen RSUD Salewangang yang dinyatakan positif, dan ada sekitar 50 petugas yang diduga telah melakukan kontak dengan pasien tersebut,” ujar Fitri, Kamis (9/4/2020).

Para tenaga medis akan menjalani isolasi hingga adanya pemeriksaan hasil swab.

“Pasien tersebut baru seminggu menjadi residen disini, dan berdomisili di Makassar, sehingga ia terdata sebagai pasien Positif di Makassar,” jelasnya

Setelah mendengar kabar ini, pihak rumah sakit lalu melakukan penyemprotan desinfektan.

Diketahui, saat ini di Kabupaten Maros jumlah ODP 120, PDP 10, dan 12 dinyatakan positif. (*)

loading...

Posmakassar.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya