Tinjau Penerapan di Hari Pertama, Iqbal Berharap PSBB Tidak Diperpanjang

25 April 2020 00:36
Tinjau Penerapan di Hari Pertama, Iqbal Berharap PSBB Tidak Diperpanjang

POSMAKASSAR.COM – Penjabat (Pj) Walikota Makassar, Iqbal Suhaeb berharap penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Makassar tidak lagi diperpanjang nantinya. Cukup hanya 14 hari saja.

“Saya harap kedepannya tak ada lagi upaya perpanjangan PSBB atau ada tahap kedua. Cukup dua pekan ini saja,” katanya.

Hal tersebut dikemukakan saat meninjau langsung penerapan hari pertama pemberlakuan PSBB di Kota Makassar, yang bertepatan dengan awal bulan suci Ramadan 1441 H, Jumat (24/4/20) kemarin.

Menurut Iqbal, agar tidak diperpanjang, suksesnya penerapan PSBB kali ini juga tergantung dari kedisiplinan dan kesadaran dari seluruh masyarakat untuk berdiam di rumah.

“Kasihan juga masyarakat sekarang, banyak yang susah. Untuk itu, mari kita semua menjaga suksesnya penerapan PSBB ini. Cobalah untuk kali ini saja kita disiplin melaksanakannya. Di hari pertama ini, saya lihat cukup bagus, ada perubahan signifikan, semoga ini berlanjut terus pada hari hari berikutnya, saya sudah memantau keliling kota lumayan aktifitas sudah sangat berkurang mudah mudahan kita dapat menurunkan penyebaran virus ini,” ujar Iqbal, disela pemantauan. 

Ditanya mengenai sanksi bagi pelanggar PSBB, dia mengatakan kebijakan penindakan sepenuhnya diserahkan kepada tim gabungan di lapangan.

“Kita lihat dulu apa bentuk pelanggarannya, kalau bentuk pelanggaran yang disengaja tentunya langsung kita tindaki sesuai aturan, kalau pelanggaran tanpa kesengajaan tentunya kita beri pembinanaan, intinya kita serahkan kepada petugas di lapangan,” ujarnya.

Iqbal tidak menampik bahwa masih ditemukan pelanggaran di hari pertama pemberlakuan PSBB yang bertepatan dengan bulan suci Ramadan.

“Memang masih kita temukan ada satu dua pelanggaran, di lapangan seperti masih adanya tempat ibadah yang buka, namun itu tidak banyak kita negosiasikan untuk memberi pengertian, dari tim gabungan TNI Polri dan Satpol PP mereka jalan terus memantau kondisi kota makassar selama PSBB diberlakukan selama 24 jam penuh,” ujarnya. (*)

loading...

Posmakassar.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya