Ditemukan Beroperasi, Toko Non Sembako Disemprot Pakai Mobil Damkar

27 April 2020 22:44
Ditemukan Beroperasi, Toko Non Sembako Disemprot Pakai Mobil Damkar

POSMAKASSAR.COM – Efektifitas Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dalam menekan penyebaran Covid-19 di Kota Makassar telah diberlakukan sejak 24 April 2020 lalu. Namun, sejumlah pengusaha terlihat masih kurang taat dan terkesan tidak memahami aturan yang telah ditetapkan Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar.

Akibatnya, kegiatan usaha non sembako yang masih nekat buka, langsung ditindaki oleh petugas gabungan dari Pemadam Kebakaran 
(Damkar), TNI-Polri dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Makassar, dengan menyemprotkan air masuk ke dalam toko atau usaha yang kedapatan masih beroperasi, Senin (27/4/2020) sore.

Bahkan petugas Satpol PP tak segan-segan juga melakukan penutupan secara paksa.

“Kami tak lagi berikan imbauan, tapi langsung penindakan dengan menyemprotkan air masuk kedalam toko atau usahanya. Kalau mau membandel pasti kami tutup seara paksa,” ungkap Kasatpol PP Makassar, Iman Hud yang dikonfirmasi, Senin (27/4/2020).

Menurutnya, dalam pelaksanaan PSBB telah mengatur jika hanya pedagang bahan pokok yang dibolehkan beroperasi, seperti toko sembako, apotik (toko obat) serta restoran atau warung makanan (dengan ketentuan pesan bungkus). 

Sedangkan kegiatan usaha lain harus melakukan penutupan sementara waktu.

“Dalam patroli kami, beberapa toko atau usaha non sembako ditemukan masih nekat buka. Sehingga dengan dibantu unit Damkar, langsung dilakukan penyemprotan,” kata Iman Hud.

Dalam patroli ini, petugas gabungan dari Satpol PP, Damkar dan TNI-Polri menyasar sejumlah toko yang berada di Jalan Irian menuju ke Jalan Sulawesi, kemudian ke Jalan Bulusaraung dan Jalan Andalas, terakhir di Jalan Bandang, Kota Makassar.

“Semoga ini menjadi efek jerah bagi pelaku usaha dan semoga mereka bisa mematuhi PSBB atau imbaun perintah agar penyebaran virus mematikan itu cepat teratasi,” harapnya.

Patroli gabungan dengan menyasar toko-toko non sembako yang nekat buka serta orang berkumpul di tengah Pandemi Covid19 ini, tambah Imam, akan terus dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona.

Diketahui, Kota Makassar saat ini telah menerapkan PSBB yang berlangsung dari tanggal 24 April 2020 hingga 7 Mei 2020, mendatang. (*)

loading...

Posmakassar.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya