Mulai Besok, Semua Transportasi Umum Diizinkan Beroperasi ke Luar Daerah

06 May 2020 14:37
Mulai Besok, Semua Transportasi Umum Diizinkan Beroperasi ke Luar Daerah

POSMAKASSAR.COM – Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi memutuskan untuk membuka lagi akses layanan seluruh moda transportasi umum mulai besok, Kamis (7/5/2020).

“Mulai besok 7 Mei. Semua moda transportasi boleh mengangkut orang-orang khusus. Tapi tidak boleh mudik,” jelas dia saat rapat virtual tentang Antisipasi Mudik Lebaran 2020 dengan Komisi V DPR RI, Rabu (6/5/2020) .

Ia menyebut, kelonggaran tersebut dikabulkan setelah mendapat arahan dari Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menko memberikan masukan berupa kelonggaran untuk angkut penumpang yang memutar roda ekonomi nasional tetap berjalan di tengah pandemi.

Budi Karya Sumadi mengatakan, hal ini bukan relaksasi ataupun kelonggaran, melainkan penjabaran Permen 25 tahun 2020 soal pengaturan transportasi saat Mudik Lebaran.

“Intinya adalah penjabaran, bukan relaksasi lho ya, artinya dimungkinkan semua moda angkutan, baik udara, kereta api, laut, bus, untuk kembali beroperasi dengan catatan satu harus mentaati protokol kesehatan,” jelas Budi Karya dalam rapat kerja bersama Komisi V DPR, Rabu (6/5/2020).

Budi Karya menjelaskan bahwa Kementerian Kesehatan dan BNPB akan menyusun kriteria penumpang yang boleh berpergian keluar daerah di tengah larang mudik. Mulai besok semua transportasi mulai boleh melayani masyarakat berpergian.

“BNPB akan berikan kriterianya, nanti Menkes dan BNPB bisa tentukan dan bisa dilakukan siapa saja yang boleh berpergian. Operasinya mulai 7 Mei, pesawat segala macam dengan penumpang khusus tapi tidak boleh mudik sama sekali,” kata Budi Karya.

Budi Karya menjelaskan bahwa masyarakat yang boleh berpergian ke luar daerah hanya untuk penugasan pekerjaan, kegiatan bisnis, dan logistik.

“Jadi beruntung lah bapak anggota DPR boleh melakukan perjalanan sejauh itu urusan pekerjaan. Misal saya ke Palembang, tapi bukan untuk mudik untuk mantau LRT itu nggak apa-apa,” ujar Budi Karya.

Dia juga mengatakan, pihaknya akan memberikan penjelasan publik secara bertahap, hari ini akan diberikan penjelasan soal transportasi udara.

“Untuk detailnya secara marathon saya akan sampaikan, pertama nanti dengan Dirjen Udara. Besok pagi dengan tiga Dirjen, kereta, darat, dan laut, agar detil bisa disampaikan ke khalayak,” jelasnya. (*)

loading...

Posmakassar.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya