Pemkot akan Gelar Rapid Test di Enam Kecamatan, Shalat Ied Kemungkinan di Lapangan

16 May 2020 20:37
Pemkot akan Gelar Rapid Test di Enam Kecamatan, Shalat Ied Kemungkinan di Lapangan

POSMAKASSAR.COM – Setelah rapid test massal usai dilaksanakan pada 18 pasar tradisional, Pemkot Makassar kembali mengagendakan kegiatan serupa dengan sasaran berbeda. Kali ini, tes cepat covid-19 akan dilakukan di enam kecamatan sebagai upaya menekan penyebaran virus mematikan tersebut.

Penjabat (Pj) Walikota Makassar, Yusran Yusuf, menyampaikan enam kecamatan yang dimaksud yakni Rappocini, Tamalate, Panakukkang, Manggala, Ujung Tanah dan Kepulauan Sangkarrang.

“Kita harus bekerja cepat menangani dan mendeteksi siapa-siapa saja yang positif agar tidak meluas dan cepat ditangani,” ujar Pj Walikota Makassar saat memimpin rapat evaluasi, Sabtu (16/5/2020).

Sedangkan untuk pelaksanaan sholat idul fitri (Ied) tahun ini, kata Yusran, akan diputuskan hari senin depan.

“Kita akan panggil para ulama dulu dan kita memutuskan secara matang. Kalau memang jadi, shalat Ied kemungkinan besar akan dilaksanakan di lapangan saja. Kita tunggu info fixnya hari senin,” jelas Yusran.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin mengatakan, untuk kecamatan yang pertama kali yang akan mengadakan rapid test adalah Kecamatan Kepulauan Sangkarrang. Pasalnya, salah satu pulau di dalamnya yakni Kepulauan Kodingareng telah terdeteksi 10 orang positif dari hasil test swab.

Pasien positif tersebut, kata dia, berasal dari kluster santri Temboro yang baru pulang dari Pulau Jawa beberapa waktu lalu.

“Ini urgent dan harus segera dilakukan agar virus tidak menyebar hingga satu pulau,” ujar Naisyah.

Lebih lanjut, kata dia, untuk Kepulauan Kodingareng sendiri, Pemkot menyediakan sekitar 2.000 alat test rapid.

“Kita lakukan secara bertahap. Di setiap kecamatan. Kita lihat tingkat urgentnya dulu. Itu yang kita dahulukan,” kata Naisyah. (*)

loading...

Posmakassar.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya