Jika PSBB Makassar Berakhir, Seluruh Anggota Polri Ditarik dari Pos Batas Wilayah

18 May 2020 23:00
Jika PSBB Makassar Berakhir, Seluruh Anggota Polri Ditarik dari Pos Batas Wilayah

POSMAKASSAR.COM РSeluruh anggota Kepolisian Republik Indonesia (Polri) akan ditarik dari tempat bertugasnya di pos penjagaan batas wilayah, jika Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Makassar telah berakhir, tanggal 22 Mei mendatang.

Hal tersebut dikemukakan Kapolrestabes Makassar, Kombes Pol Yudhiawan Wibisono kepada wartawan.

“Setelah tanggal 22 Mei nanti, otomatis aturan pelaksanaan pengecekan itu tidak berlaku lagi. Dan otomatis semua anggota kami di posko perbatasan-perbatasan, harus kembali ke tugas normal masing-masing,” ungkap Yudhiawan Wibisono.

Menurutnya, meski penarikan anggota itu nantinya dilakukan, dia berharap warga tetap menjaga protokol kesehatan masing-masing, karena wabah Covid-19 belum berakhir seiring berhentinya PSBB.

Menurutnya, berdasarkan data Dinas Kesehatan, angka kasus penyebaran Covid-19 di Makassar masih tinggi dan cenderung meningkat tiap hari.

“Yang kami khawatirkan adalah dengan berakhirnya masa PSBB pada tanggal 22 Mei nanti, masyarakat Makassar akan euforia dan lupa bahwa sebenarnya penyebaran covid belum berakhir. Setiap hari kami lihat data dari Dinkes, angka kasus ini naik terus. Ini yang harus disadari oleh masyarakat,” katanya.

Yudhiawan berharap, protokol kesehatan tetap dijadikan upaya pencegahan virus corona, karena hingga saat ini belum ada obat atau vaksinnya.

“Dengan cara tetap menjaga jarak, memakai masker, hingga rajin cuci tangan. Apalagi saat ini pemerintah sudah mulai wacanakan untuk memberikan kelonggaran pasca pemberlakuan PSBB,” katanya.

“Kelonggarannya adalah roda perekonomian tidak boleh berhenti. Karena kalau roda perekonomian berhenti, sementara kita belum siap, pasti akan terjadi kerusuhan. Dan kerusuhan akan terdampak pada gangguan Kamtibmas. Dimana gangguan dalam Kamtibmas, kami lah yang paling bertanggung jawab di sini dibantu TNI,” tambahnya.(*)

loading...

Posmakassar.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya