Pemkot Pastikan Tidak Perpanjang PSBB Kota Makassar

22 May 2020 05:04
Pemkot Pastikan Tidak Perpanjang PSBB Kota Makassar

POSMAKASSAR.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar menyatakan resmi tidak memperpanjang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang berakhir pada 21 Mei 2020.

“Pertimbangannya tidak melanjutkan PSBB karena kita telah melakukannya dua kali, dan itu merupakan bagian dari edukasi yang bagus kepada masyarakat tentang pentingnya protokol kesehatan. Besok kita terbitkan Perwali baru pengganti Perwali PSBB,” ujar Pejabat (Pj) Walikota Makassar, Yusran Yusuf kepada wartawan, Kamis (21/5/2020).

Yusran mengatakan, dalam Peraturan Walikota (Perwali) itu nantinya, tetap akan ada sanksi, misalanya bagi pelanggar yang tidak mengenakan masker di jalan dan tempat lainnya.

“Perwali itu mengenai penerapan protokol kesehatan dan penanggulangan virus Corona disease (Covid-19) di Makassar. Jadi, tetap akan ada sanksi didalamnya,” kata Yusran.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Pemerintah Kota Makassar telah menggelar PSBB sejak 24 April dan berakhir 21 Mei 2020, dengan skema dua tahap.

Selama PSBB tahap kedua berlangsung, seluruh petugas keamanan dan kesehatan diwajibkan berlaku santun kepada seluruh masyarakat.

Yusran menegaskan, masyarakat Kota Makassar tidak perlu memperdebatkan jika terjadi keramaian, asal tetap ikuti protokol kesehatan.

“Pusat juga sudah memberikan relaksasi antara ekonomi dan kesehatan. Ini tidak perlu di pertentangkan, intinya kita harus bersahabat dengan covid. Tidak apa ramai, kalau keluar rumah yang penting pakai masker,” katanya.

Dengan begitu, toko atau pusat belanja kata Yusran, kedepan sudah bisa beroperasi namun tetap dalam pengawasan, semisal ditempatkan petugas gugus di mall-mall.

“Jadi semua toko nanti akan ada tim gugus di semua tempat keramaian. Hal ini untuk memastikan bahwa lokasi tersebut sudah lakukan protokol kesehatan. Tim juga akan memantau dan mengawasi, termasuk nanti kita mau libatkan para relawan,” tambahnya. (*)

loading...

Posmakassar.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya