Surat Keterangan Bebas Covid-19 Akan Diberlakukan, Pemkot Makassar Tidak Pungut Biaya

29 June 2020 20:24
Surat Keterangan Bebas Covid-19 Akan Diberlakukan, Pemkot Makassar Tidak Pungut Biaya

POSMAKASSAR.COM — Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar akan memberlakukan surat keterangan bebas Covid-19 bagi masyarakat yang akan keluar dan akan masuk ke dalam wilayah Kota Makassar.

Pemkot Makassar memberlakukan hal tersebut untuk melindungi dan mengantisipasi penyebaran coronavirus disease (Covid-19), agar tidak meluas ke daerah di luar Makassar.

Diketahui, Kota Makassar kini merupakan episentrum penyebaran Covid-19 di Sulawesi Selatan.

Penjabat (Pj) Walikota Makassar, Prof Rudy Djamaluddin memastikan pengambilan surat bebas Covid-19 bagi masyarakat yang akan meninggalkan Kota Makassar tidak akan dipungut biaya sepeser pun.

“Jadi pengambilan surat keterangan itu, tidak dipungut bayaran atau biaya. Gratis, kita tidak ada bayar bayaran di sini,” ungkapnya saat ditemui di Posko Covid-19, Jalan Nikel Raya, Senin (29/6/2020).

Menurut Rudy, kebijakan yang dikeluarkan Pemkot sebisa mungkin tidak memberatkan masyarakat. Termasuk mengenai surat keterangan tersebut.

“Kebijakan yang kita ambil atau keputusan di mana risikonya paling kecil dan paling minim yang tidak membebani masyarakat,” katanya.

Sementara bagi pendatang yang akan masuk ke Kota Makassar, menurutnya, diharapkan bisa mengambil surat keterangan bebas Covid-19 pada tim gugus masing-masing daerah.

Menurutnya, kebijakan untuk memberlakukan surat bebas Covid-19 ini semata-mata untuk menyelamatkan masyarakat dan menekan penyebaran covid yang berpusat di Kota Makassar.

“Salah satu faktornya untuk mempersempit penyebaran. Jika berhasil, maka masalah 80% covid Sulsel akan selesai. Kalau kita tidak batasi, daerah daerah yang bagus katakanlah seperti Soppeng yang sudah zona kuning atau hijau, datang ke Makassar sehat, jangan sampai pulang sakit,” tegasnya. (*)

loading...

Posmakassar.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya