Setelah Periksa Sejumlah Saksi, Polisi Akan Panggil Mantan Dirut RSUD Daya dan Oknum Anggota Dewan

07 July 2020 02:02
Setelah Periksa Sejumlah Saksi, Polisi Akan Panggil Mantan Dirut RSUD Daya dan Oknum Anggota Dewan

POSMAKASSAR.COM – Kasus penyerahan jenazah pasien Covid-19 kepada pihak keluarga di RSUD Daya Kota Makassar terus bergulir.

Setelah memeriksa 11 saksi yang terdiri dari tenaga medis, warga dan personel polisi yang bertugas saat kejadian, penyidik Satuan Reskrim Polrestabes Makassar juga dikabarkan akan memanggil mantan Direktur Utama (Dirut) RSUD Daya Kota Makassar, dr Ardin Sani serta oknum anggota DPRD Kota Makassar, Andi Hadi Ibrahim Baso.

Kepala Satreskrim Polrestabes Makassar, Kompol Agus Khaerul mengatakan, pemeriksaan kepada dr Ardin dijadwalkan berlangsung pada Kamis (9/7/2020).

“Selain itu, juga ada beberapa perawat yang akan kita periksa bersama istri almarhum. Lalu kami analisa kasusnya. Minggu depan, rencana kita akan periksa oknum anggota DPRD kota yang diduga menjamin jenazah itu,” ucap Agus, Senin (6/7/2020).

Menurutnya, setelah pemeriksaan dr Ardin dan oknum anggota dewan tersebut, tidak tertutup kemungkinan pihaknya akan akan menetapkan tersangka.

“Yang jelas kita fokus ke ada atau tidaknya unsur pidana. Hasil pemeriksaan saksi ini, kita simpulkan siapa yang terlibat dan jadi tersangka,” jelas Agus.

Dalam perkara itu, polisi menggunakan landasan hukum Undang-undang nomor 6 tahun 2018 tentang karantina kesehatan.

“Karena kita sekarang statusnya darurat kesehatan. Termasuk KUHP ada pasal 335, ada pasal 216, itu yang sementara kami gunakan. Macam-macam hukumannya, ada yang 1,5 tahun hingga 7 tahun penjara,” papar Agus.

Selain memeriksa sejumlah saksi, polisi juga telah mengumpulkan barang bukti lainnya.

Termasuk memeriksa rekaman CCTV dan juga surat pernyataaan oknum anggota DPRD Makassar sebagai penjamin jenazah.

Diketahui, kasus itu diusut polisi setelah pihak RSUD Daya dikabarkan menyerahkan jenazah seorang pasien Covid-19 kepada pihak keluarga untuk dimakamkan tanpa melalui protokol kesehatan atas jaminan dari oknum legislator Kota Makassar.(*)

loading...

Posmakassar.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya