Jika Terjadi Outbreak, Pemprov Sulsel Siapkan 20 Rumah Sakit Rujukan Nasional

14 July 2020 22:39
Jika Terjadi Outbreak, Pemprov Sulsel Siapkan 20 Rumah Sakit Rujukan Nasional

POSMAKASSAR.COM – Sebanyak 20 rumah sakit di Sulawesi Selatan disiapkan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan jika terjadi ledakan jumlah pasien Covid-19 atau outbreak di Indonesia.

Kesiapan Pemprov Sulsel untuk menampung pasien dari luar provinsi itu, sesuai arahan presiden Joko Widodo untuk menyediakan rumah sakit darurat.

Rumah sakit rujukan milik Pemprov Sulsel yang disiapkan diantaranya, Rumah Sakit Labuang Baji, Rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo, Rumah Sakit Pelamonia, Rumah Sakit Dadi Makassar, Rumah Sakit Tajuddin Chalid, dan masih banyak rumah sakit lainnya.

Juru bicara gugus tugas penanganan Covid-19 Sulawesi Selatan, Prof Syafri Kamsul Arif mengatakan, Pemprov Sulsel telah siap kapan saja untuk menerima pasien dari luar Sulawesi Selatan, jika sewaktu-waktu terjadi outbreak dan rumah sakit daerah lain tak lagi mampu menampung pasien Covid-19.

“Kami telah siap menyediakan rumah sakit rujukan nasional yang telah ditetapkan oleh pak Gubernur Sulsel jika sewaktu-waktu terjadi outbreak,” ujarnya, Selasa (14/07/2020)

Ia menambahkan bahwa selain menyediakan rumah sakit rujukan, pemerintah provinsi Sulawesi Selatan juga menyiapkan beberapa hotel tambahan untuk melakukan isolasi mandiri terhadap pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19.

“Selain rumah sakit rujukan nasional, kami siapkan juga hotel sebagai tempat isolasi mandiri bagi pasien Covid-19,” jelasnya. (*)

loading...

Posmakassar.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya