Sanksi Tegas Bagi Warga yang Palsukan Suket Bebas Covid-19 di Kota Makassar

14 July 2020 02:46
Sanksi Tegas Bagi Warga yang Palsukan Suket Bebas Covid-19 di Kota Makassar

POSMAKASSAR.COM – Dinas Kesehatan Kota Makassar memperingatkan warga untuk tidak mencoba memalsukan surat keterangan bebas Covid-19 saat hendak masuk ke Kota Makassar.

Memalsukan surat keterangan bebas Covid-19 akan mendapatkan sanksi berat, sesuai surat yang dikeluarkan Kejaksaan Agung dengan Nomor B-2115/Ejp/05/2020. Surat tersebut menegaskan terkait pemalsuan surat yang berkaitan dengan penanganan Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin mengatakan bahwa masyarakat dari luar kota Makassar yang ingin masuk ke kota Makassar jangan sekali-kali berniat untuk memalsukan surat keterangan bebas Covid-19.

“Berat sanksinya, sudah ada surat edaran pihak Kejaksaan Agung, seorang dokter yang melakukan keterangan covid-19 berat sanksinya,” ujarnya, Senin (13/07/2020).

Naisyah melanjutkan bahwa dokter juga tak boleh senaknya mengeluarkan suket bebas Covid-19 tanpa adanya pemeriksaan rapid test terhadap warga.

Namun, dirinya yakin dokter tidak akan mungkin melanggar peraturan termasuk pemalsuan surat keterangan Covid-19.

“Saya pikir untuk keterangan dokter mudah-mudahan tidak ada yang berani (memalsukan), kita percaya saja,” tambahnya.

Sementara itu, Humas IDI Makassar, dr Wachyudi Muchsin, meminta kepada aparat kepolisian agar menindak tegas jika ada yang kedapatan memalsukan keterangan bebas covid-19.

“IDI Makassar meminta aparat kepolisian menindak tegas jika ada di temukan Suket bebas Covid yang palsu sebab itu melanggar Protap kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah melalui Keppres 12 tahun 2020 soal penanganan bencana non alam akibat Covid-19,” ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, Pemerintah Kota Makassar pada senin (13/07/2020) kemarin, resmi memberlakukan pemeriksaan terhadap warga yang ingin masuk ke kota Makassar di 8 titik lokasi penjagaan.

Bagi warga yang tidak memiliki suket bebas Covid-19 diberikan sanksi sosial berupa hukuman push-up dan pungut sampah selain itu, warga juga langsung di rapid test ditempat, jika reaktif maka tak diperkenakan masuk ke Kota Makassar. (*)

loading...

Posmakassar.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya