Pemkab Wajo Gratiskan Rapid Test Warga Yang Melakukan Perjalanan Keluar Daerah

18 July 2020 14:13
Pemkab Wajo Gratiskan Rapid Test Warga Yang Melakukan Perjalanan Keluar Daerah

POSMAKASSAR.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wajo akan menggratiskan layanan tes cepat (rapid test) untuk masyarakat yang akan melakukan perjalanan keluar daerah. 

Layanan rapid test gratis ini tertuang dalam Surat Edaran yang ditandatangani Bupati Wajo, tanggal 17 Juli 2020, Nomor:800/0827/Dinkes tentang pemberian surat keterangan bebas corona virus disease 2019 (Covid-19) kepada pelaku perjalanan keluar daerah.

Sebagaimana dikutip dalam surat edaran itu, bahwa disampaikan kepada Kepala UPTD Puskesmas untuk melakukan rapid test secara gratis dan memberikan surat keterangan bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan keluar daerah Kabupaten Wajo dengan memenuhi kriteria yaitu antara lain pejabat negara/ASN/TNI/Polri dengan kepentingan perjalanan dinas dibuktikan dengan surat tugas, dosen/mahasiswa/pelajar untuk kepentingan kegiatan akademik.

Selain itu, profesi advokat (pengacara), LSM dan wartawan yang melaksanakan tugas dengan menunjukkan Kartu Tanda Anggota (KTA) yang sah berdasarkan peraturan perundang-undangan dan dokumen pelaksanaan tugas. Sedangkan sopir angkutan orang dan ekspedisi dapat dibuktikan dengan adanya Surat Keterangan Angkutan dari Dinas Perhubungan Kabupaten Wajo.

Untuk masyarakat lain yang akan melaksanakan perjalanan penting keluar daerah dengan alasan sangat mendesak, diharuskan menyertakan bukti semisal Surat Keterangan Tujuan Perjalanan dari Kepala Desa/Lurah Setempat.

Dalam surat edaran tersebut juga disebutkan bahwa bagi pelaku perjalanan yang tidak memenuhi kriteria tersebut, dapat melakukan rapis test di rumah sakit atau sarana penyedia rapid test lainnya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Pada poin lain dalam surat edaran tersebut, juga menghimbau kepada masyarakat Kabupaten Wajo yang tidak memiliki tujuan bersifat penting atau mendesak, sekiranya tidak melakukan perjalanan keluar daerah dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19.

“Bagi pelaku perjalanan dengan hasil rapid test reaktif, maka tidak diperbolehkan melakukan perjalanan dan akan ditindaklanjuti oleh pertugas kesehatan,” demikian dikutip pada poin lainnya dalam surat edaran tersebut. (*/Mubin)

loading...

Posmakassar.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya