1 Orang Tewas, Ruko di Kawasan Jalan Nusantara Makassar Terbakar

28 July 2020 01:51
1 Orang Tewas, Ruko di Kawasan Jalan Nusantara Makassar Terbakar

POSMAKASSAR.COM – Kebakaran terjadi di Jalan Nusantara, Kelurahan Pattunuang, Kecamatan Wajo, Kota Makassar, Senin (27/07/2020).

Sebuah ruko bekas tempat kos-kosan karyawan itu nyaris ludes terbakar. Seorang wanita dalam keadaan tertelungkup dikabarkan menjadi korban dalam insiden itu.

“Korban tewas ditemukan di lantai 2, berjenis kelamin perempuan tetapi identitasnya belum diketahui,” ujar Kabid Operasi Damkar Makassar, Hasanuddin, saat dikonfirmasi awak media, Selasa (27/7/2020) malam.

Kebakaran pertama di lokasi itu terjadi sekitar pukul 12.00 Wita dan berhasil dipadamkan sekitar pukul 15.45 Wita.

Setelah petugas Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Makassar meninggalkan lokasi, api dikabarkan kembali berkobar sekitar pukul 19.50 Wita dan baru bisa padam sekitar pukul 22.00 Wita.

Usai memadamkan api, petugas Damkar lalu menemukan jasad perempuan tersebut, dengan kondisi hangus terbakar.

Hasanuddin menjelaskan, saat api menyala pada pukul 19.30 Wita, sebanyak 10 unit mobil pemadam diluncurkan ke lokasi kejadian. Dugaan kebakaran karena korsleting listrik.

“Diduga penyebab kebakaran akibat korsleting listrik, penyebab pastinya tim Labfor Polri nanti yang menyelidikinya,” ungkap Hasanuddin.

Untuk kepentingan penyelidikan dan proses identifikasi, jenazah korban dibawa ke kantor Kedokteran Forensik Biddokkes Polda Sulsel, Jalan Kumala, Makassar.

Saat kejadian, anggota Polres Pelabuhan Makassar dan tim Labfor Polri langsung menyelidiki sumber api yang menyebabkan ruko yang sebelumnya dijadikan tempat kos karyawan itu terbakar.

Informasi yang dihimpun, ruko itu sudah tidak berpenghuni sejak akhir 2019 lalu. Sementara bangunan ruko itu, diketahui milik salah satu BUMN di Kota Makassar.

Camat Wajo, Ansar Kalam yang dihubungi mengatakan bahwa bangunan tersebut merupakan milik salah satu perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Namun, bangunan ini disewakan atau dikontrakkan ke pengusaha swasta.

“Milik BUMN ini. Dan bangunan ini sempat ditinggali (menjadi tempat kos-kosan) oleh para karyawan dan pekerja hiburan malam. Pada lantai dua, banyak kamar-kamar kos. Tapi infonya sudah lama dalam keadaan kosong,” jelasnya.

Hal senada diungkapkan Kapolres Pelabuhan Makassar, AKBP Kadarislam. Menurutnya, ruko yang terbakar itu sudah dinyatakan kosong sejak beberapa bulan lalu. Sebelumnya diinformasikan ruko ini dipakai untuk usaha kos-kosan.

“Tapi kita akan telusuri keterkaitan mayat yang kita temukan di lokasi kebakaran. Ini sementara kita otopsi untuk mengetahui penyebabnya. Sementara ini kita lagi olah TKP,” kata Kapolres Pelabuhan yang ditemui dilokasi.

Lebih jauh Kapolres mengatakan akan meminta keterangan kepada pemilik ruko, apa memang masih ada yang tinggal di tempat tersebut.

“Kita akan meminta keterangan pemilik ruko apakah masih ada yang tinggal di rumah ini atau memang sudah kosong”, imbuhnya

Terkait penyebab kebakaran, Kapolres menduga disebabkan karena hubungan arus pendek.

“Sementara ini diduga karena hubungan arus pendek”, pungkasnya. (*)

loading...

Posmakassar.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya