Gelar Seminar Covid-19, Mahasiswa KKN Unhas Ajak Tim PKK Enrekang Edukasi Masyarakat

29 July 2020 14:34
Gelar Seminar Covid-19, Mahasiswa KKN Unhas Ajak Tim PKK Enrekang Edukasi Masyarakat

POSMAKASSAR.COM – Mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Hasanuddin Gelombang 104 di lokasi Enrekang 3 menggelar Seminar Online bertema “Peran PKK dalam Pencegahan Covid-19 di Era Adaptasi Kebiasaan Baru”, Rabu (29/7/2020).

Kegiatan yang diikuti oleh Ibu-Ibu Tim Penggerak PKK di wilayah Enrekang 3 dan sekitarnya ini menghadirkan nara sumber Hj. Johra Muslimin Bando, yang merupakan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Enrekang. Sebanyak 50 peserta ikut berpartisipasi pada seminar online ini.

Seminar ini selain merupakan program kerja KKN Unhas lokasi Enrekang 3, juga dimaksudkan sebagai wadah sosialisasi dan edukasi masyarakat tentang perlunya pola hidup sehat untuk mengatasi pandemi Covid-19. Koordinator peserta KKN Unhas lokasi Enrekang 3, Fathurrakhman, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari program kerja kelompok.

“Kami berinisiatif mengambil topik tentang peran PKK, karena kami menyadari bahwa ibu-ibu memiliki peranan penting dalam keluarga, dan mempunyai dampak bagi lingkungan,” ujarnya.

Dalam pemaparannya, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Enrekang menjelaskan banyak hal terkait langkah-langkah yang telah dilakukan untuk merespon pandemi Covid-19. Beliau juga memaparkan apa saja tantangan yang dihadapi oleh masyarakat dan pemerintah daerah.

“Sejak pandemi terjadi, kita di Kabupaten Enrekang telah mengambil sejumlah langkah, terutama untuk meningkatkan kapasitas ibu-ibu dalam mendukung upaya mengatasi pandemi Covid-19. Beberapa program yang kami lakukan, misalnya mensosialisasikan kebiasaan dan pola hidup sehat, untuk meningkatkan taraf kesehatan masyarakat,” tambahnya.

Ia juga mendorong penerapan prinsip-prinsip dalam hidup beragama, yang relevan dengan upaya hidup sehat untuk mencegah pandemi. Hal ini difokuskan pada penguatan perempuan dan ibu rumah tangga, sebab mereka memiliki tanggung jawab yang sama besarnya dalam membina dan mempersiapkan generasi mendatang.

“Kami juga mengedukasi masyarakat untuk memanfaatkan lingkungan sekitarnya, seperti lahan pekarangan, untuk meningkatkan perekonomian keluarga. Hal ini didorong oleh kenyataan bahwa ekonomi keluarga umumnya ikut terdampak selama pandemi Covid-19,” harapnya.

Diakhir acara, dosen pendamping Kegiatan KKN Unhas Gelombang 104 untuk lokasi Enrekang 3, Ishaq Rahman, menyampakan apresiasi atas sambutan dan kesediaan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Enrekang hadir sebagai nara sumber.

“Banyak sekali pengetahuan dan pengalaman yang telah dibagikan oleh Ibu nara sumber. Kami percaya, hal ini dapat menjadi inspirasi bagi kita semua, baik itu masyarakat maupun peserta KKN, dalam mengedukasi masyarakat untuk beradaptasi dengan kebiasaan baru pasca pandemi Covid-19,” pungkasnya. (*)

loading...

Posmakassar.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya