Kantongi Suket Bebas Covid-19, Pemkot Makassar Izinkan Warga Mudik

29 July 2020 14:55
Kantongi Suket Bebas Covid-19, Pemkot Makassar Izinkan Warga Mudik

POSMAKASSAR.COM — Meski Kota Makassar masih dalam status zona merah penyebaran wabah Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), namun Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar tidak melarang masyarakat untuk mudik, dengan syarat harus mengantongi surat keterangan (Suket) bebas Covid-19.

Penjabat (Pj) Walikota Makassar, Prof Rudy Djamaluddin mengatakan hal tersebut, Rabu (29/7/2020).

Menurutnya, masyarakat yang ingin mudik harus dilengkapi dengan Suket Covid. Jika tak memiliki Suket, maka tidak diperkenankan masuk atau keluar Kota Makassar.

“Kita tidak larang untuk mudik, tetapi siapkan surat keterangan bebas covid. Jadi oang yang ingin dan masuk ke Kota Makassar harus bawa surat keterangan,” ujarnya.

Hal itu, kata Rudy juga selaras dengan diperpanjangnya pengetatan di perbatasan selama seminggu. Pemkot mengantisipasi lebih awal lonjakan yang kemungkinan bisa terjadi menjelang perayaan hari raya Idul Adha.

“Kita ingin masyarakat yang akan masuk Makassar betul-betul terbebas dari covid, demikian pula sebaliknya kita tidak ingin warga Makassar menjadi Carrier saat mudik dan membahayakan keluarga di kampung,” sambung Rudy.

Rudy kembali menekankan, upaya ini dilakukan semata mata untuk menyelamatkan masyarakat dari paparan covid. Terlebih Makassar masih dalam kondisi zona merah Covid-19.

“Tujuan kita tidak untuk menyulitkan masyarakat akan tetapi hal ini untuk meminimalisir potensi penyebaran covid,” pungkasnya. (*)

loading...

Posmakassar.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya