Mahasiswa KKN Unhas Gowa 4 Semprotkan Disinfektan di Sejumlah Fasilitas Umum

04 August 2020 15:28
Mahasiswa KKN Unhas Gowa 4 Semprotkan Disinfektan di Sejumlah Fasilitas Umum

POSMAKASSAR.COM – Sebagai wujud kepedulian civitas akademika dalam pencegahan penularan corona virus disease 2019 (Covid-19), mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Hasanuddin (Unhas) gelombang 104 untuk wilayah Gowa 4 yang terdiri dari 19 orang, melakukan penyemprotan disinfektan sejumlah fasilitas umum di tiga desa, yakni Desa Je’ne Tallasa, Bontoala dan Bungaejaya.

Penyemprotan disinfektan pada fasilitas umum ini, merupakan salah satu bentuk edukasi untuk meminimalisir bakteri, virus, kuman dan mikroorganisme yang bisa membawa penyakit.

Pemerintah setempat pun mendukung inisiatif dari kegiatan ini, bahkan memberi bantuan alat penyemprotan, disinfektan dan masker yang akan digunakan untuk penyemprotan.

“Melalui kegiatan penyemprotan disinfektan ini, kami tentunya mengatensi positif dan mengucapkan terima kasih kepada para mahasiswa peserta KKN Gowa 4 karena secara nyata telah berpartisipasi secara langsung dalam upaya memutus mata rantai penularan Covid-19 disejumlah lokasi, seperti kantor desa, puskesmas, mesjid, dan tempat – tempat keramaian lainnya.” ungkap Kepala Desa Je’ne Tallasa, Asrul, ST

Menurutnya, kegiatan penyemprotan disinfektan ini, telah berlangsung selama tiga pekan dan diselingi dengan program kerja individu lainnya.

“Hngga saat ini, sudah ada 3 Kantor desa, 2 Puskermas, 1 Pustu dan 8 Mesjid yang telah disemprot menggunakan disinfektan pada 3 desa,” jelasnya.

Kegiatan ini sebelumnya juga telah mendapat respon positif Dosen Pengampu KKN (DPK) pada seminar awal program kerja.

“Setidaknya program kerja seperti ini bisa membantu pemerintah setempat untuk menetralisir kuman atau bakteri dan virus yang membawa penyakit. Disamping itu, saya harap para mahasiswa KKN tetap bisa menerapkan protokol kesehatan, karena kami pihak P2KKN tidak ingin jika mahasiswa yang sedang melaksanakan program KKN terdampak Covid-19.” Ujar Dosen Pengampu KKN Gowa 4 M. Zulfan Hakim, SH, MH, saat pelaksanaan Seminar Program Kerja, 13 Juni 2020 lalu.

Sementara itu, mahasiswa KKN Unhas Gowa 4 berharap kepada pemerintah setempat tetap mengoptimalkan penyemprotan disinfektan pada fasilitas umum.

“Meskipun masa KKN telah berakhir, kami berharap pemerintah desa tetap melakukan penyemprotan disinfektan minimal 2 kali seminggu. Setidaknya kegiatan kami tersebut bisa menjadi edukasi yang selanjutnya bisa dioptimalkan pemerintah desa untuk meminimalisir penularan Covid-19.” Ujar Dul, Ketua Koordinator Posko Gowa 4.(rls)

loading...

Posmakassar.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya