Modus Nikah, WNA Asal Iran Tipu Pengusaha Kota Makassar Hingga Ratusan Juta Rupiah

05 August 2020 14:55
Modus Nikah, WNA Asal Iran Tipu Pengusaha Kota Makassar Hingga Ratusan Juta Rupiah

POSMAKASSAR.COM – Seorang warga Kota Makassar menjadi korban penipuan oleh Warga Negara Asing (WNA) asal Iran yang diketahui bernama Mohammad Almasi (Siavash) dengan modus pernikahan.

Korban yang juga pengusaha bunga hias, Vivi Anna mengaku telah menjalani hubungan asmara dengan Mohammad Almasi (Siavash) sejak awal Oktober 2018 lalu, hingga keduanya berniat untuk membina hubungan pernikahan.

Saat menggelar jumpa pers, Rabu (05/08/2020), Vivi Anna memaparkan bahwa dirinya memang mencintai Siavash, terlebih setelah dirinya dijanji untuk dinikahi pada bulan September 2019. Namun, hingga akhir Desember 2019, pria idamannya itu tak kunjung datang.

“Saya kenal dengan Siavash pada awal bulan Oktober 2018 dengan niat mau serius nikah dengan saya. Awalnya saya tidak percaya, tapi setelah dia mau pindah agama yang sebelumnya Islam ke Nasrani makanya saya yakin dia memang serius,” ujarnya.

Dengan modus itulah, lanjut Vivi, dia mempercayai bule asal Iran tersebut dan membiayai hidupnya selama di Makassar dan hingga kembali lagi ke negaranya. Setiap minggu sekali, katanya, bule asal Iran tersebut bolak-balik untuk mengurus dokumen dan surat izin lainnya dengan biaya seluruhnnya ditanggung oleh dirinya.

“Kurang lebih setahun dia tinggal di Makassar, saya yang membiayai hidupnya, tinggal dirumah saya, setiap minggu sekali juga bolak-balik untuk mengurus dokumen surat izin dengan total kerugian yang harus saya tanggung kurang lebih Rp 100 juta,” akunya.

Dari kejadian tersebut, ia mendesak pihak kepolisian untuk menindaki kasus tersebut agar dapat memberikan efek jerah dan mencegah ada korban selanjutnya.

“Semoga pihak kepolisian bisa menindak lanjuti kasus ini. Saya merasa ditipu. Untuk itu, saya melaporkannya untuk memberi efek jera dan kiranya dengan laporan saya bisa membongkar sindikat bermodus cinta dan janji nikah seperti itu, sehingga WNA lain tidak berani lagi masuk ke Indonesia,” pungkasnya. (*)

loading...

Posmakassar.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya