Kesempatan Sekolah Kembali, AMPI Makassar Berikan Pendidikan Gratis 900 Anak Putus Sekolah

22 August 2020 15:39
Kesempatan Sekolah Kembali, AMPI Makassar Berikan Pendidikan Gratis 900 Anak Putus Sekolah

POSMAKASSAR.COM – Sebagai bagian dari upaya mencerdaskan kehidupan bangsa seperti yang telah tertera dalam isi pembukaan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, Angkatan Muda Pembaruan Indonesia (AMPI) Kota Makassar berinisiatif memberikan kesempatan anak-anak yang putus sekolah untuk dapat mengenyam pendidikan kembali.

Pada moment perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Indonesia ke-75 tahun, AMPI Kota Makassar membuka kuota bagi anak putus sekolah sebanyak 900 orang yang terdiri dari Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang berasal dari seluruh kecamatan se-Kota Makassar, dengan biayanya ditanggung seluruhnya oleh AMPI.

Ketua AMPI Rayon Manggala Kota Makassar, Gerhanita Syam mengatakan bahwa AMPI berkomitmen untuk memberikan pendidikan kepada mereka yang putus sekolah, seperti anak jalanan, pemulung dan lainnya dengan bekerjasama Yayasan Pendidikan Harapan Bakti.

“Kami telah melakukan kerjasama dengan pihak Yayasan Pendidikan Harapan Bakti untuk hal itu, dengan menyekolahkan anak-anak putus sekolah secara gratis. Seluruh fasilitas disiapkan oleh AMPI Kota Makassar seperti pengadaan baju sekolah, dan alat tulis-menulis selama proses belajar mengajar,” ujarnya saat ditemui Posmakassar.com, Sabtu (22/8/2020).

Ia menambahkan bahwa dalam melakukan penjaringan anak putus sekolah untuk dapat menyekolahkannya kembali, AMPI kota Makassar melakukan pendataan terhadap anak-anak yang ingin sekolah kembali tapi terkendala dengan biaya.

“Jadi untuk mendapatkan anak-anak putus sekolah, kami lakukan pendataan dan mendatanginya secara langsung, melihat keadaannya seperti apa, apakah layak dibantu ataukah tidak untuk menganyam pendidikan kembali,” tambahnya.

Bagi orang tua yang kurang mampu dan ingin menyekolahkan anaknya kembali, AMPI kota Makassar memberikan syarat diantaranya, melampirkan Ijazah terakhir, SKHU (daftar nilai), Kartu Keluarga, foto 3×4, Rapor terakhir, dan surat keterangan tidak mampu dari kelurahan atau kecamatan setempat. (*)

loading...

Posmakassar.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya