Antisipasi Kebakaran, Pengelolah Pasar Minasa Maupa Gowa Himbau Pedagang Tak Memasak Diarea Basement

24 August 2020 17:43
Antisipasi Kebakaran, Pengelolah Pasar Minasa Maupa Gowa Himbau Pedagang Tak Memasak Diarea Basement

POSMAKASSAR.COM – Pengelolah pasar Minasa Maupa, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan mengeluarkan himbauan waspada kebakaran kepada para pedagang, khususnya memasuki puncak musim kemarau yang diprediksi terjadi pada September 2020 mendatang.

Himbauan tersebut dikeluarkan setelah maraknya peristiwa kebakaran pada sejumlah pasar di Kota Makassar, sehingga pengelolah pasar Minasa Maupa mengantisipasi hal-hal yang dianggap dapat memicu terjadi kebakaran.

Adapun dalam himbauan tersebut, pihak pengelola meminta agar para pedagang tidak menyimpan barang diluar kios atau lods, memeriksa instalasi listrik masing-masing pada saat menutup kios atau lods, dan tidak diperbolehkan menggunakan dan menyimpan kompor dan tabung gas diarea lantai dasar.

Kepala Pasar Minasa Maupa Kabupaten Gowa, Zainuddin Langke Daeng Tompo berharap agar himbauan tersebut dapat ditindaklanjuti oleh para pedagang.

“Mengingat maraknya peristiwa kebakaran dibeberapa tempat, termasuk di pasar Senggol dan pasar Pannampu Kota Makassar, maka sekiranya himbauan tersebut bisa ditindaklanjuti oleh para pedagang yang melakukan transaksi jual-beli didalam pasar. Ini juga demi keamanan kita bersama,” ujarnya saat dikonfirmasi awak media via whatsapp, Senin (24/8/2020).

“Dalam himbauan itu, kami juga sudah memberikan solusi agar penggunaan kompor untuk memasak, tidak dilakukan pada lantai dasar. Dan, untuk penertiban instalasi listrik, juga sudah kami bicarakan dan mereka (para pedagang) sudah setuju mengganti kabel listriknya yang dianggap kurang layak lagi,” tambahnya.

Untuk diketahui, jumlah lapak di pasar Minasa Maupa Kabupaten Gowa sebanyak 1.110 unit dan dari jumlah lapak tersebut, sebanyak 500 unit pedagangnya berasal dari Kabupaten Gowa dan sekitarnya. (*)

loading...

Posmakassar.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya