Perda Wajib Masker Disahkan, Dispendastri Kabupaten Gowa Tempatkan Satpol PP di Setiap Pasar

26 August 2020 18:36
Perda Wajib Masker Disahkan, Dispendastri Kabupaten Gowa Tempatkan Satpol PP di Setiap Pasar

POSMAKASSAR.COM – Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdastri) Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan akan melakukan pengawasan ketat kewajiban penggunaan masker bagi para pedagang pasar saat melakukan transaksi jual-beli.

Hal tersebut dilakukan, menyusul akan diefektifkannya pelaksanaan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 25 tahun 2020 tentang wajib masker, setelah disahkan oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gowa.

Kepala Dinas Perdastri Kabupaten Gowa, Andi Sura Suaib mengatakan bahwa aturan wajib masker di Kabupaten Gowa berlaku umum termasuk bagi pedagang yang melakukan transaksi jual-beli dipasar. Jika kedapatan tak pakai masker, maka langsung denda ditempat sebesar Rp 100 ribu perorang atau sanksi sosial di pandemi Covid-19

“Aturannya berlaku umum bagi masyarakat Gowa, termasuk bagi pedagang, di denda Rp 100 ribu atau sanksi sosial tetapi kami masih menunggu Peraturan Bupatinya setelah DPRD Gowa sahkan Perdanya,” ujarnya saat dikonfirmasi via whatsapp, Rabu (26/08/2020).

Ia menambahkan bahwa nantinya pihaknya akan menempatkan seorang petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) dalam satu pasar, untuk mengawasi pedagang atau masyarakat yang tak memakai masker ketika keluar rumah ditengah pandemi Covid-19.

“Nanti ada Satpol-PP sebagai penegak Perda yang akan melakukan pemantauan dan pengawasan langsung. Kemungkinan akan ada seorang atau lebih petugas Satpol PP dalam setiap pasar,” tambahnya.

Diketahui, Disperdastri Kabupaten Gowa mengelolah 31 Unit pasar di 18 Kecamatan di Kabupaten Gowa dengan jumlah pedagang sebanyak 6.000 orang. (*)

loading...

Posmakassar.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya