Polisi Akhirnya Menutup Aktivitas Penambangan Liar di Manggala

02 September 2020 18:25
Polisi Akhirnya Menutup Aktivitas Penambangan Liar di Manggala

POSMAKASSAR.COM – Aktivitas penambangan liar di Kelurahan Manggala, Kota Makassar akhirnya ditutup paksa oleh pihak Kepolisian. Alat berat yang biasa digunakan para penambang liar, juga telah di police line.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, aktivitas penambangan liar yang dilakukan dengan menggunakan alat berat (Excavator) di Kelurahan Manggala mendapat sorotan berbagai pihak, terutama kalangan masyarakat setempat dan para pengguna jalan karena selain menyebabkan gumpalan debu, juga dikuatirkan akan merusak jalan akibat muatan truk penambang yang diduga over kapasitas sering melewati jalan umum disekitarnya.

Menurut warga, meski telah berulang kali diprotes masyarakat sekitar, namun penambangan tanpa izin itu tetap berjalan hingga akhir Agustus 2020 kemarin.

Pada Selasa (1/9/2020) aparat kepolisian dari jajaran Polda Sulawesi Selatan dikabarkan kemudian menghentikan paksa aktivitas penambangan liar berupa penggalian dan pengambilan tanah urug (tambang galian C) di lokasi tanah eigendom verponding yang diklaim milik sejumlah oknum tersebut.

Sejumlah tokoh masyarakat di Kelurahan Manggala pun mengapresiasi positif atensi Kapolda Sulsel yang baru, Irjen Pol Merdisyam yang telah menutup aktivitas penambangan liar di lokasi tersebut.

Seperti diketahui, penambangan tanpa izin yang sudah berlangsung selama beberapa tahun itu, menurut warga, selama ini tidak tersentuh oleh hukum, karena diduga dilindungi oleh oknum aparat tertentu.

“Namun, atas perhatian Kapolda Sulsel yang baru, kali ini aspirasi kami baru benar terpenuhi. Untuk itu, atas nama warga sekitar tentu kami sangat berterima kasih dan mengapresiasi positif upaya penyegelan alat dan penutupan aktivitas penambangan liar di lokasi tersebut,” ungkap salah seorang tokoh masyararakat yang enggan disebut jati dirinya. (*)

loading...

Posmakassar.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya