30 WNA Terpapar Covid-19, Dinkes Makassar Swab Test Massal di Kecamatan Tamalanrea

17 September 2020 14:08
30 WNA Terpapar Covid-19, Dinkes Makassar Swab Test Massal di Kecamatan Tamalanrea

POSMAKASSAR.COM – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Makassar terus melakukan upaya treaching terhadap Warga Negara Asing (WNA) yang berada di Kecamatan Tamalanrea, Kota Makassar.

Pasalnya, dari data sebelumnya disebutkan ada sekitar puluhan orang WNA di kecamatan tersebut diduga terkonfirmasi positif Covid-19 setelah melakukan swab test di Puskesmas.

Plt Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Makassar, dr Nursaidah mengatakan, WNA di Kecamatan Tamalanrea salah satu fokus utama untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 setelah sebelumnya didata ada sekitar 30 WNA yang dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19.

“Laporan masuk dari kami ada 30 WNA yang telah melakukan swab di Puskesmas dan terkonfirmasi positif Covid-19, tetapi 30 WNA itu sudah dinyatakan sembuh. Makanya, kami melakukan treaching terhadap orang yang kontak langsung dari WNA tersebut dengan melakukan kerjasama dengan International Organization for Migration (IOM) untuk mengajak WNA melakukan swab test ulang dan secara massal,” ujarnya saat ditemui, Kamis (17/09/2020).

Ia menambahkan bahwa dengan kerjasama IOM, pihaknya melakukan swab test massal kepada 116 orang WNA yang ada di Kecamatan Tamalanrea, Kota Makassar.

“Dari laporan bahwa adanya WNA terkonfirmasi positif di kecamatan Tamalanrea, kami minta IOM untuk mengajak 116 WNA lainnya yang tinggal di Kecamatan Tamalanrea dan bermukim di 6 perumahan untuk tes massal gratis,” tambahnya.

Sebelumnya diberitakan Pemerintah Kota Makassar Sulawesi Selatan terus berupaya dalam menurunkan jumlah positif Covid-19 dengan menjalankan program Trisula (Treantment, Treaching dan Education) terhadap warga.

Dalam program Trisula tersebut, berbagai macam terobosan untuk menurunkan jumlah positif di Kota Makassar Sulawesi Selatan salah satunya yaitu melakukan Swab test.

Swab test secara massal diberikan kepada masyarakat secara gratis yang dilakukan di enam kecamatan yang dianggap masuk dalam zona merah atau episentrum tertinggi dari 15 kecamatan yang ada di Kota Makassar. Enam kecamatan tersebut yakni Rappocini, Biringkanaya, Panakukang, Tamalate, Manggala dan Tamalanrea. (*)

loading...

Posmakassar.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya