Marak Kebakaran, AKLI Makassar Minta Warga Lakukan Peremajaan MCB dan Instalasi Listrik

26 September 2020 18:44
Marak Kebakaran, AKLI Makassar Minta Warga Lakukan Peremajaan MCB dan Instalasi Listrik

POSMAKASSAR.COM – Maraknya kasus kebakaran disebabkan oleh arus pendek lisrik lantaran masyarakat ‘ogah-ogahan’ melakukan pemeliharaan instalansi listrik setiap tahunnya.

Apalagi memasuki musim kemarau saat ini, kasus kebakaran melonjak tajam seperti terjadi di Kota Makassar.

Menurut data dari Dinas Pemadan Kebakaran kota Makassar, Jumlah kasus kebakaran di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, masih cukup tinggi. Selama Januari hingga Agustus 2020, tercatat sudah ada 88 musibah kebakaran. Sekitar 55 kasus kebakaran yang disebabkan hubungan arus pendek listrik di lingkungan perumahan dan perbelanjaan.

PLT Ketua DPC AKLI Kota Makassar, Maula Genda, menyebutkan bahwa jika sifat masyarakat kota Makassar yang enggan melakukan pemeliharaan instalasi listrik secara rutin, biasanya menjadi penyebab kebakaran akibat arus pendek listrik atau sering disebut korsleting listrik.

“Kami melihat kencendrungan masyarakat masih enggan melakukan pemeliharaan listrik disebabkan harganya terlalu mahal dan takut untuk digantikan meteran listriknya. Padahal yang hanya perlu diganti itu adalah MCB dan kabel listriknya,” ujarnya saat ditemui, Sabtu (26/09/2020).

Ia pun menyarankan bahwa masyarakat sebaiknya untuk mengganti MCB dan kabel listrik yang telah tetmakan usia, minimal 5 tahun sekali.

Sementara untuk objek yang terbakar adalah rumah tinggal masih juga mendominasi sebanyak 196 rumah. Pada Bulan Agustus lalu yang paling banyak ada 128 rumah, jika bandingkan bulan Juli hanya ada 18 rumah. Kalau dihitung dari Januari hingga saat ini sudah 196 rumah yang terbakar. (*)

loading...

Posmakassar.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya