Bangunan Bandara Sultan Hasanuddin Ikuti Gelombang Laut dan Kapal Pinisi Khas Sulsel

28 September 2020 14:32
Bangunan Bandara Sultan Hasanuddin Ikuti Gelombang Laut dan Kapal Pinisi Khas Sulsel

POSMAKASSAR.COM – Proyek rehabilitasi Bandara Sultan Hasanuddin Makassar saat ini masih dalam proses penyelesaian.

Bandar udara yang terletak di ibu kota Sulsel ini, merupakan pintu gerbang utama penerbangan ke bagian timur Indonesia, dimana desain arsitekturnya mempresentasikan bentuk kapal pinisi dan gelombang lautan sebagai wujud ketangguhan masyarakat Sulawesi Selatan dahulu sebagai pelaut.

Rehabilitasi bandara tersebut kontraktor pelaksananya adalah PT Wijaya Karya (Wika) persero (tbk).

Proyek ini merupakan bentuk perluasan Bandara hingga tiga kali lipat dari yang semula 51.005 M2 menjadi 166.005 M2. Dengan perluasan ini, Bandara Sultan Hasanuddin ini akan memiliki kapasitas 15,6 juta penumpang setiap tahunnya.

Deputi Projek Manajer PT Wika, Agung Budiarto, kepada Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Nurdin Abdullah saat melakukan peninjauan di lokasi menjelaskan bahwa bangunan Bandara tersebut dominan mengikuti ciri khas berbagai etnis yang ada di Sulsel. Mulai dari bentuk atap dan plafonnya mengikuti gelombang air laut.

“Bentuk yang mengikuti gelombang air laut. Kenapa bentuk atapnya berbentuk gelombang, karena Makassar kental sekali dengan lautnya,” kata Wahyudin di Terminal Baru Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar, Senin (28/9/2020).

Begitu juga dengan ornamen-ornamen yang ada dalam terminal kebanyakan mengikuti motif-motif khas daerah di Sulsel.

“Ornamen kami mengikuti motif daerah yang ada di Sulsel, seperti motif Toraja dan daerah sekitar lainnya,” katanya.

Selain itu, ada juga ornamen yang menggunakan kayu dengan motif kapal phinisi yang merupakan kapal khas dari Sulsel juga.

“Kami mengambil juga gambar dari kapal pinisi dan dihiasi dengan kayu-kayu,” tutupnya. (*)

loading...

Posmakassar.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya