Usia 33 Tahun, PNUP Makassar Bantu Masyarakat Dalam Pemenuhan Air Bersih dan Listrik di Pedesaan

05 October 2020 18:29
Usia 33 Tahun, PNUP Makassar Bantu Masyarakat Dalam Pemenuhan Air Bersih dan Listrik di Pedesaan

POSMAKASSAR.COM – Mahasiswa dari kampus Politeknik Negeri Ujungpandang (PNUP) Kota Makassar terus berupaya dalam membantu masyarakat dipedesaan yang berada di wilayah Sulawesi Selatan.

Bantuan tersebut seperti membantu masyarakat dalam pemenuhan akan kebutuhan air bersih dengan memanfaatkan teknologi yang telah dipelajari dalam bangku perkuliahan.

Teknologi tersebut hasil dari penelitian hilirisasi bantuan teknologi tepat guna para mahasiswa. Selain membantu masyarakat akan pemenuhan air bersih, mahasiswa PNUP Kota Makassar membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan listrik didaerah pelosok dengan memanfaatkan mikrohidro.

Mikrohidro atau yang dimaksud dengan Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH), adalah suatu pembangkit listrik skala kecil yang menggunakan tenaga air sebagai tenaga penggeraknya seperti saluran irigasi, sungai atau air terjun alam dengan cara memanfaatkan tinggi terjunan (head) dan jumlah debit air.

Direktur Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) Makassar, Prof Muhammad Anshar mengatakan bahwa diusia 33 tahun, saat ini kampus PNUP telah banyak membantu masyarakat dalam beberapa bidang seperti pemenuhan kebutuhan air bersih dan pengadaan listrik dipedesaan dengan memanfaatkan air sungai.

“Alhamdulillah memasuki usia 33 tahun ini, kami telah memberikan kontribusi kepada masyarakat Sulawesi Selatan dengan berbagai aspek seperti pemenuhan kebutuhan air bersih dan pengadaan listrik dipedesaan dengan memanfaatkan air sungai. Ini seusai dengan visi misi kita sebagai kampus politeknik vokasi dalam naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI,” ujarnya saat ditemui, Senin (05/10/2020).

Selain itu dalam memberikan sumbangsi kepada masyarakat Sulawesi Selatan, diusia 33 tahun, kampus PNUP Kota Makassar berharap tidak tergantung lagi dalam status Satker (Status Kerja) tetapi berdiri sendiri menjadi PTN BLU (Perguruan Tinggi Negeri Badan Layanan Umum) ditahun 2020. (*)

loading...

Posmakassar.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya