Buat Cemilan Tanpa Pengawet, Mahaiswa Unhas Hasilkan Inovasi Olahan Ubi Jalar Ungu “Daeng Lame”

10 October 2020 18:51
Buat Cemilan Tanpa Pengawet, Mahaiswa Unhas Hasilkan Inovasi Olahan Ubi Jalar Ungu “Daeng Lame”

POSMAKASSAR.COM – Mahasiswa Universitas Hasanuddin mendapatkan pendanaan sebesar 15 juta rupiah dalam Kompetisi Inovasi Bisnis Mahasiswa (KIBM) untuk produk inovasi dari olahan Ubi Jalar Ungu. KIBM merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Muhammad Alwi, yang merupakan Ketua Tim produk inovasi ini menjelaskan terkait ide awal untuk mengelola ubi jalar ungu menjadi produk inovasi dengan berbagai pilihan produk. Ia dan timnya memberi nama produk inovasinya “Daeng Lame”.

“Sesuai survei tim kami, konsumen cenderung mencari produk herbal yang memiliki kandungan gizi tinggi tetapi rasanya enak dan mudah didapatkan. Maka tim kami berinovasi membuat aneka cemilan berbahan dasar ubi jalar ungu yang tinggi kandungan gizinya,” jelas Alwi.

Untuk target pasarnya sendiri sangat luas. Akan tetapi, Alwi menuturkan untuk lebih efektif, tim menspesifikkan target pasar bagi kalangan perempuan berusia 20-50 tahun. Hal ini berdasarkan survei pasar yang telah dilakukan, dimana konsumen untuk makanan ringan lebih didominasi oleh perempuan.

Terkait nama produk “Daeng Lame”, Alwi menjelaskan penggunaan nama ini dimaksudkan untuk menunjukkan identitas kedaerahan produk Makassar, Sulawesi selatan. Daeng lame diambil dari bahasa Makassar yakni “Daeng” berarti panggilan seseorang di Makassar, dan “lame” berarti ubi.

Rencananya, olahan berbahan dasar ubi jalar ungu tersebut akan dibuat tortilla ubi ungu yang merupakan cemilan sehat tanpa bahan pengawet, sehingga aman untuk di konsumsi. (*)

loading...

Posmakassar.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya