Gelar Wisuda Ditengah Pandemi, PNUP Makassar “Retaskan” 1150 Alumninya

10 October 2020 15:35
Gelar Wisuda Ditengah Pandemi, PNUP Makassar “Retaskan” 1150 Alumninya

POSMAKASSAR.COM – Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) Makassar mengelar pengukuhan wisudawan angkatan 34, di Auditorium Kampus 2 Politeknik Negeri Ujung Pandang, Moncongloe, Kabupaten Maros.

PNUP Makassar kini telah mewisuda sebanyak 1150 mahasiswa/mahasiswinya, dan para alumninya terdiri dari 675 orang lulusan Program Diploma 3 dan 475 orang lulusan Program Sarjana Terapan.

Direktur Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) Makassar, Prof Muhammad Anshar, mengatakan kegiatan wisuda ini merupakan rangkaian kegiatan Dies Natalis ke-33 PNUP yang terdiri dari serangkaian kegiatan seni dan olahraga, kegiatan seminar Nasional SNTEI dan seminar Interaktif dengan Industri dan kegiatan pameran produk Tugas Akhir Mahasiswa.

“Dalam masa pandemik ini, kegiatan civitas akademika mengalami transformasi yang fokus pada kegiatan yang memberi konstribusi terhadap penanganan pandemic termasuk kegiatan penelitian & Pengabdian Masyarakat. Begitu juga dengan perkuliahan, seminar, ujian yang semuanya mesti dilakukan secara dalam jaringan (daring). Masa pandemic ini juga sekaligus menjadi keprihatinan kita dan tantangan alumni PNUP tahun 2020,” kata Direktur Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) Makassar, Prof. Muhammad Anshar, Sabtu (11/10/2020).

Pada tahun 2019, PNUP meluluskan sebanyak 887 orang alumni dan menurut data tracer study, terdapat 79% yang langsung bekerja dengan masa tunggu kurang dari 6 bulan. Mengacu ke perjanjian kinerja Direktur, diharapkan tahun ini dengan alumni sebanyak 1150 terdapat 80% alumni yang bekerja, melanjutkan studi ataupun berwirausaha dengan masa tunggu kurang dari 6 bulan walaupun kelihatannya target ini sangat berat untuk dicapai mengingat kondisi pandemic COVID-19 yang masih berlangsung.

“Dari jumlah total tenaga akademik tersebut, sudah ada 4 orang (1.2%) yang telah bergelar Profesor. Sementara sebanyak 144 orang (45,20%) sudah mempunyai jabatan fungsional Lektor Kepala, serta 107 orang (32.82%) masih mempunyai jabatan fungsional Lektor dan sisanya 27 orang masih asisten ahli serta 40 orang masih CPNS. Yang memiliki gelar doktor telah mencapai 27%. Hal ini diharapkan bisa memberikan konstribusi lebih kepada kegiatan TRIDHARMA Perguruan Tinggi sehingga juga berpengaruh kepada pemeringkatan Politeknik secara nasional yang saat ini berada di peringkat 6 terbaik Politeknik dan Politani Negeri seluruh Indonesia,” jelasnya.

Peningkatan kualitas pendidikan dan pembelajaran dapat dilihat dari sisi input, proses, dan output. Dari sisi input, perekrutan mahasiswa telah dilakukan sesuai peraturan yang berlaku, dengan tetap mengutamakan kualitas akademik calon mahasiswa baru. Tingginya minat calon mahasiswa dalam kurun waktu lima tahun terakhir menyebabkan terjadinya kenaikan persentase keketatan persaingan sebesar 1,87%. Dengan demikian PNUP akan selalu berharap mendapatkan kualitas input mahasiswa yang lebih baik seiring dengan meningkatnya persentase keketatan persaingan tersebut.

“Untuk meningkatkan kualitas dan daya saing, PNUP memperluas kolaborasi hingga level international. Kerangka untuk kerjasama bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyrakat telah diwujudkan melalui beberapa MoU dengan universitas luar negeri. Bersama Singapore Polytechnic, PNUP telah melaksanakan 6 batch kegiatan pengabdian masyarakat dan Pendidikan untuk mahasiswa. Bentuk kegiatan berupa Social Project Innovation di desa binaan PNUP. Mahasiswa asing dan mahasiswa PNUP melakukan project social berbasis inovasi dibawah bimbingan beberapa fasilitator Singapore Polytechnic dan PNUP yang telah tersertifikasi international. Program Pendidikan International Double Degree telah dilaksanakan atas Kerjasama dengan MSU University Malaysia,” terangnya.

Total wisudawan/wati adalah sebanyak 1150 alumni yang terdiri dari 675 orang lulusan Program Diploma-3 dan 475 orang lulusan Program Sarjana Terapan. Jurusan Mesin (dengan jumlah 224 wisudawan) dan Administrasi Niaga (dengan jumlah 143 wisudawan) Hari kedua wisuda jurusan Sipil (dengan jumlah 155 wisudawan) dan Jurusan akuntansi (dengan jumlah 178 wisudawan ) serta dihari ketiga adalah Jurusan Elektro (dengan jumlah 307 wisudawan) dan Jurusan Teknik Kimia (dengan jumlah 119 wisudawan). (*)

loading...

Posmakassar.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya