Sabtu Mendatang, KPU Tetapkan Danny-Fatma Sebagai Pemenang Pilwakot Makassar

21 January 2021 17:54
Sabtu Mendatang, KPU Tetapkan Danny-Fatma Sebagai Pemenang Pilwakot Makassar

POSMAKASSAR COM — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Makassar rencana akan
menetapan pasangan Mohammad Ramdhan Pomanto-Fatmawati Rusdi sebagai Walikota dan Wakil Walikota Makassar terpilih, pada Sabtu (23/1/2021) mendatang.

“Insya Allah, penetapan pasangan calon terpilih akan digelar Sabtu tanggal 23 Januari 2021 nanti,” ungkap Komisioner KPU Kota Makassar, Gunawan Mashar yang dihubungi wartawan melalui pesan WhatsApp.

Menurutnya, dalam penetapan itu nantinya, pihaknya juga akan mengundang perwakilan dari keempat saksi calon dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) serta Forkopimda .

“Penetapannya akan kita gelar terbatas,
mengingat pandemi Covid-19 masih mewabah. Jadi, yang diundang hanya yang berkepentingan saja dengan ketentuan akan diterapkan protokol kesehatan mengikuti regulasi,” katanya.

Gunawan mengakui bahwa untuk Kota Makassar tidak terdapat permohonan perselisihan hasil pemilihan yang diajukan ke MK. Sehingga dalam aturan, penetapan dapat dilaksanakan paling lambat lima hari setelah dokumen resmi diterima.

“Kalau masalah jadwal pelantikan, seperti kita ketahui, itu bukan lagi wewenang penyelenggara pemilu, tetapi menjadi wewenang Kemendagri,” jelasnya.

Sebelumnya, KPU Kota Makassar diketahui telah mengumumkan pasangan nomor urut 1, yakni Moh Ramdhan Pomanto-Fatmawati Rusdi (Adama) sebagai pemenang Pilwali Makassar, berdasarkan hasil rekapitulasi perolehan suara.

Berdasarkan hasil akhir rekapitulasi penghitungan suara tingkat KPU Makassar pada 15 kecamatan, pasangan nomor urut satu menang serta berhasil unggul secara signifikan di 14 kecamatan. Total perolehan sebanyak 218.908 ribu suara, dengan presentase 41,3 persen. (*)

loading...

Posmakassar.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya