Kunjungan Kapolri di Balla Ewako, Warga Berkerumun di Lokasi

12 February 2021 07:27
Kunjungan Kapolri di Balla Ewako, Warga Berkerumun di Lokasi

POSMAKASSAR.COM – Kedatangan 
Kapolri Jenderal Listyo Sigit ke Balla Ewako (Kampung Tangguh Nusantara), Kelurahan Bulurokeng, Kecamatan Biringkanaya, Makassar, Kamis (11/2/2021) sore, diwarnai kerumunan sekitar lokasi.

Baik aparat TNI, Polri, aparat pemerintah, awak media hingga warga sekitar tumpah ruah saat Listyo bersama Kadiv humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono tiba di lokasi, didampingi Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah, Kapolda Sulsel Irjen Pol Merdisyam, Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Andi Sumangerukka dan Kapolrestabes Makassar Kombes Pol Witnu Urip Laksana.

Sebagian besar warga yang hadir berusaha mendekat agar bisa mengabadikan kedatangan jenderal bintang empat itu di ponsel mereka. Beruntung mereka yang hadir tetap mengenakan masker.

Beberapa dari mereka yang hadir di lokasi kunjungan Kapolri di Balla Ewako, ada yang membawa hand sanitizer. Warga yang hadir di sana pun rela manjat pagar demi bisa melihat Jenderal Listyo Sigit secara langsung, namun tidak lagi terlihat menjaga jarak.

Bahkan, ajudan dan protokoler Kapolri beberapa kali terlihat harus membatasi ruang gerak wartawan agar tidak terlalu mendekat.

Sementara Jenderal Listyo dalam kunjungan itu berpesan agar warga tetap mematuhi protokol kesehatan. Apalagi, kata dia, Balla Ewako yang didirikan sejak pertengahan tahun 2020 lalu, diharap bisa jadi edukasi masyarakat dalam hal penegakan protokol kesehatan.

“Saya titip untuk tetap menjaga kedisiplinan terkait dengan protokol kesehatan. Sehingga kita tetap bisa bertahan di zona hijau, yang kemudian pertumbuhan ekonomi masyarakat yang ada di wilayah sini juga semakin hari semakin baik,” kata mantan Kabareskrim Mabes Polri ini.

Dia juga menyampaikan apresiasinya kepada Balla Ewako ini, yang dinilai bisa menekan laju penyebaran Covid-19.

“Saya sangat mengapresiasi bahwa dalam beberapa bulan ini dari situasi terkait dengan masalah angka Covid-19 di wilayah sini, masuk dalam kelompok zona merah. Namun dengan kegiatan Balla Ewako ini disiplin ternyata bisa berubah mejadi zona hijau,” kata Listyo kepada wartawan.

“Jadi hari ini, kami sengaja datang ke Balla Ewako dalam rangka untuk mengetahui secara pasti kegiatan di sini, di Balla Ewako Kelurahan Bulurokeng, yang sesuai laporan memang telah melaksanakan program 3M dan 3T yang betul-betul bisa dilaksanakan dengan baik. Sehingga upaya untuk menekan laju Covid betul-betul dijaga,” imbuhnya.

Meskipun wilayah Sulawesi Selatan tidak masuk dalam tujuh wilayah pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) yang masuk pantauan, tapi dari hasil peninjauan sementara, lanjutnya, ternyata di lokasi tersebut sudah melaksanakan kegiatan 3T.

“Kalau di sini disebut dengan kegiatan Trisula ya, tracing, tes dan treatment,” jelasnya.

Lebih jauh dikatakan, kedisipilinan terkait penggunaan masker, kemudian aturan yang diatur dalam protokol kesehatan, juga dilaporkan telah dilaksanakan dengan baik, sehingga dia berharap untuk terus dipertahankan. 

“Tadi saya bicara dengan Pak Gubernur, angka pertumbuhan di sini sudah 0, 7 persen, mudah-mudahan bisa melebihi angka nasional,” ungkapnya.

Sekedar diketahui, Balla Ewako didirikan untuk membantu pemerintah dalam penanggulangan Covid-19.

Di dalam bangunan Balla Ewako itu, terdapat beberapa ruangan. Seperti ruangan medis, isolasi (sementara), gudang dan administrasi.

Ada tiga pilar yang dilibatkan dalam operasional Balla Ewako itu, mulai dari Petugas Kecamatan dan Kelurahan, Babinkamtibmas serta Babinsa. (*)

loading...

Posmakassar.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya