BKPSDM Gowa Terima Dua Penghargaan dari Kantor Regional IV BKN Makassar

14 February 2021 11:46
BKPSDM Gowa Terima Dua Penghargaan dari Kantor Regional IV BKN Makassar

POSMAKASSAR.COM – Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Gowa mendapatkan penghargaan dari Kantor Regional IV Badan Kepegawaian Negara (BKN) Makassar di Rumah Makan Cobek-Cobek Gowa, Jumat (12/2/2021).

Kabupaten Gowa menerima dua penghargaan sekaligus yaitu penghargaan Atas Percepatan Pelayanan Penyelesaian Kenaikan Pangkat PNS Lingkup Kabupaten Gowa Provinsi Sulawesi Selatan Bekerjasama dengan Kantor Regional IV Badan Kepegawaian Negara Makassar dengan Peringkat IX (Sembilan).

Piagam Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Kepala Kantor Regional IV BKN Makassar, Harun Arsyad kepada Kepala BKPSDM Kabupaten Gowa, Muh Basir didampingi Kepala Bidang Pengadaan dan Mutasi Pegawai BKPSDM Kabupaten Gowa, M. Agus Salim Harahap.

Kabid Mutasi dan Status Kepegawaian Kantor Regional IV BKN Makassar, BA Isman Hadi mengatakan penghargaan ini diberikan karena BKPSDM Kabupaten Gowa dinilai dalam proses pengusulan kenaikan pangkat berjalan dengan cepat khususnya pada periode Oktober 2020 lalu.

Bahkan menurutnya, BKPSDM Kabupaten Gowa masuk sepuluh besar Kabupaten/kota yang ada di wilayah Kerja Kanreg IV BKN Makassar yang membawahi 5 (lima) provinsi yaitu Provinsi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku.

“Jadi ini dalam rangka penilaian proses penyelesaian kenaikan pangkat. Jadi pengusulan ini ada batas waktu seperti Periode bulan Oktober yaitu akhir bulan Juli dan Oktober harus ditetapkan dan Gowa ini masuk yang sudah bisa menetapkan atau memberikan SKnya itu pada saat Bulan Oktober,” kata Isman saat dikonfirmasi.

Sementara itu, Kepala BKPSDM Kabupaten Gowa, Muh Basir menyebutkan bahwa pencapaian ini merupakan hal yang luar biasa bisa masuk 10 besar. Menurutnya pencapaian ini tidak terlepas dari berkat bimbingan dan arahan Bupati Gowa dan Wakil Bupati Gowa.

“Saya juga menyampaikan terimakasih karena ini berkat kerjasama semua pihak. Termasuk suluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Lingkup Pemkab Gowa yang telah memasukkan berkasnya secara lengkap dan tepat waktu,” ungkap Muh Basir.

Selain itu, dirinya juga berharap tahun ini Kabupaten Gowa bisa masuk 5 besar dalam memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh ASN Pemkab Gowa. Apa lagi menurutnya untuk tahun 2021 ini periode April Gowa menjadi Kabupaten pertama yang penyelesaian Administrasi Kenaikan Pangkat ASN.

“Insya Allah tahun 2021 kita menargetkan masuk 5 besar inovasi percepatan penyelesaian kenaikan pangkat,” tandasnya.

Kebid Pengadaan dan Mutasi Pegawai BKPSDM Kabupaten Gowa, M. Agus Salim Harahap menyebutkan pada periode Oktober 2020 lalu, BKPSDM Kabupaten Gowa meyelesaikan sebanyak 598 berkas kenaikan pangkat ASN Pemkab Gowa.

Sementara untuk periode April 2021 ini BKPSDM Kabupaten Gowa telah mengusulkan 368 berkas kenaikan pangkat ASN Pemkab Gowa dan Kabupaten Gowa merupakan kabupaten/kota pertama yang mengusulkan kenaikan pangkat di tahun 2021.

“Jumlah berkas kenaikan pangkat yang kita usulkan 378 berkas. Namun kami upaya dengan tim bidang pangkat kami tadi bisa menga ACC golongan III sebanyak 310 dan golongan IV sebanyak 58. Jadi jumlahnya yang keluar 368, 10 berkas tidak memenuhi syarat,” ungkapnya.

Agus menjelaskan, pengusulan kenaikan pangkat ASN Pemkab Gowa saat ini semakin mudah karena dilakukan secara digitalisasi. Berkas ASN yang ingin tidak lagi menggunakan hard copy tetapi semuanya menggunakan soft copy. Walaupun menurutnya masih ada ASN tetap mengumpulkan berkas hard copy sebagai arsip. Selain itu pelayanan proses kenaikan pangkat juga dilakukan secara terpadu antara BKPSDM dan BKN.

“Pelayanan terpadu itu adalah program BKN sendiri yang kita di Kabupaten Gowa respon baik. Dimana tim terpadu ini terdiri dari orang-oramg BKN dari Bidang Pangkat mereka datang ke Gowa. Jadi untuk mengurus kenaikan pangkat kami tidak ada lagi ke BKN,” tambah Agus. (*)

loading...

Posmakassar.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya