Bantu Siswa Korban Gempa, FTI UMI Makassar Kirim Bantuan Antena Sinyal dan Akses Internet Ke Sulbar

23 February 2021 14:58
Bantu Siswa Korban Gempa, FTI UMI Makassar Kirim Bantuan Antena Sinyal dan Akses Internet Ke Sulbar

POSMAKASSAR.COM – Fakultas Teknologi Industri (FTI) Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar kembali memberikan bantuan kepada korban bencana alam di Sulawesi Barat.

Kali ini bantuan tersebut bukan dalam bentuk makanan ataupun minuman tetapi bantuan 2 unit akses point dan antene penguat sinyal.

Jaringan signal tentu sangat dibutuhkan bagi masyarakat Sulawesi Barat pasca gempa bumi. Singal ini diharapkan sebagai alat komunikasi warga dan proses belajar mengajar pelajar di Sulbar.

Bantuan ini dari Forum Komunikasi Organisasi Masyarakat Indonesia (FORKOMASI) Korea Selatan dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) se Sulawesi Tengah.

“Akses poin dan antene penguat sinyal ini dirakit oleh tim relawan mahasiswa untuk membantu siswa siswi di lokasi pengungsian gempa Majene, agar terap bisa melakukan sekolah darin. Disamping itu diharapkan akses poin dan penguat sinyal ini bisa membuka isolasi komunikasi yang selama ini terjadi di dua lokasi selter pengungsi tersebut,” ujar Dekan FTI UMI Makassar, Zakir Sabara, dikonfirmasi, Selasa (23/2/2021).

Zakir menjelaskan tahap akhir ini berupa 2 unit akses point dan antene penguat siyal untuk dua lokasi selter pengungsi di Dusun Tamarimbi dan Dusun Kabiraan, Desa Kabiraan, Kecamatan Ulumanda, Kabupaten Majene Sulawesi Barat. Dalam setiap akses poin dan antene penguat ini terdiri dari beberapa komponen yang diklaim mampu mengalirkan signal komunikasi yang baik bagi warga Sulbar.

“Antara lain 1 set penguat sinya tenaga surya, Repiter sebagai penangkap jaringan, Modem Telkomsel Orbit sebagai penyedia layanan internet gratis, Wireless outdoor ebagai access Point penyebar sinya wifi dari medem, dengan jarak jangkauan 10 KM,” jelasnya.

Tak hanya itu, siswa juga bisa mendapatkan layanan wifi internet gratis selama melakukan proses belajar mengajar via daring ditengah pandemi COVID 19. Alat ini juga dilengkapi dengan colokan listrik.

“Satu set antena portable, Panel surya kapasitas 100 watt sebagai penyedia power untuk Repiter dan wireless outdor serta bisa untuk charger handphone,” terangnya. (*)

loading...

Posmakassar.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya