Nurdin Abdullah Kena OTT, Tiba di Jakarta, Langsung Digiring ke Gedung KPK

27 February 2021 11:25
Nurdin Abdullah Kena OTT, Tiba di Jakarta, Langsung Digiring ke Gedung KPK

POSMAKASSAR.COM – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dikabarkan melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) terhadap Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah, di Rumah Jabatannya, Jalan Jenderal Sudirman Makassar, Sabtu dini hari (27/2/2021).

Selain Nurdin Abdullah, 5 orang lainnya disebut juga turut diamankan KPK, diantaranya Agung Sucipto (Kontraktor) , Nuryadi (Sopir Agung Sucipto), Samsul Bahri (Adc Gubernur Provinsi Sulsel), Edy Rahmat (Sekdis PU Provinsi Sulawesi Selatan), Irfandi (Sopir Edy Rahmat)

Dalam OTT ini, tim KPK mengamankan 1 koper uang sebesar Rp 1 Milyar di Rumah Makan Nelayan, Jalan Ali Malaka, Kecamatan Ujung Pandang, Kota Makassar.

Penangkapan ini berdasarkan Surat Perintah Penyelidikan No : Sprin.Lidik-98/01/10/2020.

OTT KPK terhadap Nurdin digelar pada Jumat (26/2/2021) kemarin, sekitar pukul 01.00 Wita.

Saat ini, Gubernur Sulsel bersama lima orang lainnya yang diamankan KPK sudah tiba di Jakarta dan dibawa ke Gedung KPK untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Dari foto yang beredar disejumlah media, Nurdin Abdullah tampak menggunakan jeans warna biru dengan jaket hitam dan topi biru. Tampak beberapa tim KPK ikut mengawal orang nomor satu di Sulsel itu.

Informasi yang dihimpun menyebutkan jika orang nomor satu di Sulsel ini diberangkatkan ke Jakarta melalui jalur udara di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin dengan jadwal penerbangan sekitar pukul 07.00 Wita.

Kapolsek Bandara, Iptu Asep Widianto saat dikonfirmasi via telepon selular membenarkan adanya pemberangkatan Gubernur Sulsel dengan tujuan Jakarta.

“Iya dengan KPK. Jam 07.00 pagi ini baru terbang,” singkatnya.

Saat ditanyai jumlah orang yang diberangkatkan, Asep mengaku tidak tahu secara pasti.

“Kalau itu saya kurang tahu infonya,” tutupnya.

Sekadar diketahui sebelumnya rombongan ini berangkat ke Jakarta menggunakan Pesawat Garuda GA 617 dengam jadwal keberangkatan sekitar pukul 07.00 Wita. 

Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri membenarkan OTT di Rumah Jabatan Gubernur Sulsel itu.

“Benar tengah malam, KPK melakukan tangkap tangan terhadap kepala daerah di Sulawesi Selatan terkait dugaan tindak pidana korupsi,” kata Fikri.

Pihaknya meminta publik untuk sabar menunggu pengumuman resmi dari pimpinan KPK soal kasus tersebut.

“Informasi lebih lengkap kasusnya, siapa saja yang ditangkap dan barang bukti apa yang diamankan, saat ini belum bisa kami sampaikan,” sebutnya.

“Tim masih bekerja, dan perkembangannya nanti akan kami sampaikan kepada rekan-rekan semua,” jelasnya.

Senada hal tersebut, Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron juga membenarkan OTT Gubernur Sulsel itu.

“Betul, hari Jumat tanggal 26 Februari 2021 tengah malam KPK melakukan giat tangkap tangan pelaku korupsi di wilayah Sulsel. Kami masih bekerja belum dapat memberikan penjelasan detail siapa saja dan dalam kasus apa,” kata Nurul Ghufron kepada wartawan, Sabtu (27/2/2021). (*)

loading...

Posmakassar.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya