Hanya Untuk Bersenang-Senang, Oknum Plt Kades di Takalar Nikmati Uang Rakyat Rp 440 Miliar

02 March 2021 10:06
Hanya Untuk Bersenang-Senang, Oknum Plt Kades di Takalar Nikmati Uang Rakyat Rp 440 Miliar

POSMAKASSAR.COM – Seorang oknum Plt Kepala Desa (Kades) di Kabupaten Takalar terpaksa berurusan dengan pihak kepolisian lantaran mengambil Anggaran Dana Desa (ADD) untuk bersenang-senang bersama keluarganya.

Tak tanggung-tanggung, oknum Plt kepala desa berinisial SE “memakan” uang rakyat dengan modus mencairkan dana desa dan kemudian dikelolah sendiri untuk kepentingan pribadi.

“Jadi modus operandinya, tersangka yang juga plt kepala desa meminta bendahara untuk mencairkan dana desa, setelah cair, plt dana desa memakainya untuk bersenang-senang saja,” ujar Kapolres Takalar, AKBP Beny Murjyanto saat ditemui, Senin (01/03/2021).

SE merupakan salah satu ASN yang diberi wewenang untuk mejabat sebagai pelaksana kepala desa saat itu, di kerenakan pejabat sebelumnya masa jabatnnya telah berakhir, oleh karena itu pemerintah Daerah melantik SE sebagai pelaksana tugas kepala desa Bontoloe.

Dari hasil penyidikan dan penyelidikan unit Tipikor Polres Takalar telah menemukan sebuah dokumen pertanggung Jawaban, serta rekening koran dan cacatan pengembalian uang, serta hasil pemeriksaan ahli konstruksi dan ahli Auditor dari BPKP atas pengunaan fisik.

Tersangka SE melanggar pasal 2 ayat 1 subs pasal 3 UU RI nomor 31 tahun 1999, tentang pembernatasan tindak pidana Korupsi sebagai telah di ubah dengan UU RI nomor 20 tahun 2001 tentang perubahan atas UU RI nomor 8 tahun 2010 tentang pecegahan dan pemberantasan tindak pidana pencuci an uang (TTPU) jo pasal 55 ayat 1 ke-1 jo pasal 56 KHUPidana dengan ancaman hukuma penjara seumur hidup atau pidana penjara paling singka 4 tahun dan palig lama 20 tahun dan denda paling sedikit 200.000.000,00. Rupiah dan paling banyak 1000. 000.000.00 satu milyar rupiah. (*)

loading...

Posmakassar.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya