Lansia dan Pernah Positif Covid-19 Tetap Divaksinasi

03 March 2021 18:18
Lansia dan Pernah Positif Covid-19 Tetap Divaksinasi

POSMAKASSAR.COM – Orang tua lanjut usia (lansia) Ibarat mesin tua yang perlu terus mendapatkan perawatan agar tetap berfungsi. Untuk itu, mengantisipasi serangan wabah virus Corona berkepanjangan, para Lansia diimbau tetap ikut vaksinasi.

Demikian simpulan Rapat Koordinasi Percepatan Pengendalian Covid-19, yang berlangsung di Aula Kantor Kecamatan Manggala, Kota Makassar.

Rapat dipimpin Camat Manggala, Drs Ansar Umar didampingi Wakapolsek AKP Wahid dan Ketua FK LPM A Pasamangi Wawo, Sekcam Yudistira E.Nugrah, Kanit Intel Iptu Tatang, Koramil, para Lurah dan para Kepala Puskesmas.

Menurut beberapa Kepala Puskesmas, Lansia sebelum divaksinasi, wajib dilakukan pemeriksaan dan jujur memberitahukan penyakit yang pernah dan sedang dideritanya.

“Artinya, mereka ini tak boleh langsung divaksin. Diharapkan juga data riel melalui pera Ketua RT/ RW serta peranan Ketua LPM sebagai tokoh masyarakat termasuk para kader Posyandu memotivasi masjarakat” ungkap Kepala Puskesmas Tamangapa, Dr Sri, M.Kes.

Menurutnya, permintaan vaksin ke Dinas Kesehatan, harus sesuai jumlah data karena dalam setiap botol vaksin diperuntukkan terbatas dan harus 8 orang.

“Jadi, tidak bisa dibuka kalau tidak cukup. Harus tepat delapan orang per botol vaksin,” katanya.

“Tempatnya juga harus di Puskesmas, karena ada proses administrasi dan tehnis serta wawancara terhadap calon yang siap divaksinasi,” imbuhnya.

Selain itu, dia juga menjelaskan bahwa
orang yang pernah dinyatakan positif Covid-19, tetap bisa divaksin, dengan ketentuan setelah 6 bulan kemudian dan telah dinyatakan negatif dari Covid 19. (*)

loading...

Posmakassar.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya