Pulihkan Ekonomi Masyarakat, Danny Akan Terapkan Hari Ojol Setiap Selasa

08 March 2021 23:25
Pulihkan Ekonomi Masyarakat, Danny Akan Terapkan Hari Ojol Setiap Selasa

POSMAKASSAR.COM – Setelah meluncurkan program ‘Makassar Recover’ untuk menangani Covid-19 di Makassar, Walikota Makassar, Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto, mulai mengkaji secara teknis regulasi yang akan diterapkan, termasuk upaya untuk pemulihan ekonomi masyarakat di masa pandemi saat ini.

Salah satu upaya dimaksud, yakni dengan menetapkan Hari Ojek Online (Ojol) atau Ojol Day pada setiap Selasa.

Program ini merupakan terobosan baru di Kota Makassar. Sehingga kesejahteraan pengemudi ojol bisa meningkat, dimana masyarakat diimbau memakai jasa ojol pada setiap hari Selasa.

“Pada Ojol day ini, saya mengimbau masyarakat Kota Makassar yang akan ke kantor atau ke pabrik semua naik ojol,” kata Danny kepada wartawan, Senin (8/3/2021).

Kendati ditetapkan sebagai hari ojol, Danny mengaku tidak memaksakan masyarakat. Hanya saja setiap hari Selasa tarif parkir akan dinaikkan 10 kali lipat.

Upaya tersebut, dianggap bisa maksimal agar masyarakat mau memakai jasa ojol, jika dibandingkan membayar biaya parkir yang mahal.

“Tidak ada pemaksaan, tapi waktu itu harga parkir 10 kali lipat, artinya lebih bagus naik ojol, daripada dia parkir,” jelas Danny.

Menurutnya, jika masyarakat mau tetap memakai kendaraan pribadi ke kantor atau ke tempat kerja itu bisa saja. Tidak ada pemaksaan. Asalkan mau membayar parkir 10 kali lipat.

“Kalau dia bawa mobil sendiri kan tidak dipaksa, tidak boleh dipaksa orang. Tapi saya bikin regulasi adalah kasi naik harga parkir 10 kali lipat di hari itu saja. Jadi kalau dia tidak naik ojol dia bayar parkir 10 kali lipat,” tuturnya, Senin (08/03/2021).

Bahkan Danny optimis program ini bisa sukses kedepan. Dengan persiapan dan kajian yang matang.

“Sudah ada kajian mengenai itu, bisa itu kewenangan Pemkot Makassar, kita kunci di situ. Kita tidak bisa paksa orang harus naik ojol, tidak bisa,” bebernya.

Sebelum diterapkan, Danny Pomanto mengaku akan terlebih dahulu memberi contoh. Dia akan menggunakan jasa ojol ke kantor setiap hari Selasa.

Sebab, Selasa nantinya akan dijadikan hari Ojol Day. “Saya akan naik Ojol ke Balaikota,” akunya di hadapan media.

Danny Pomanto menambahkan, penerapan Ojol Day nantinya memberi pengecualian terhadap usaha tertentu. Seperti kurir makanan dan juga pelajar.

“Itulah mengapa kita perlu uji coba, dan beri saya masukan, karena ini semua untuk kebaikan masyarakat,” pungkasnya.

“Pelarian tenaga kerja itu ada di ojol. Apalagi dengan kondisi sulit begini, pemerintah harus hadir memberi kebijakan yang solutif,” tutupnya.

sementara Dirut PD Parkir Makassar Raya, Irhamsyah Gaffar menyatakan mendukung rencana tersebut.

“Kami sangat mendukung program Hari Ojol yang dicanangkan Walikota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto,” singkatnya. (*)

loading...

Posmakassar.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya