Ubah Truk Sampah Jadi Mobil Wisata, Inovasi Rudy Djamaluddin Langgar Aturan

08 March 2021 20:06
Ubah Truk Sampah Jadi Mobil Wisata, Inovasi Rudy Djamaluddin Langgar Aturan

POSMAKASSAR.COM – Kementerian Perhubungan Republik Indonesia menyebutkan,
modifikasi atau merubah bentuk mobil truk angkat sampah ‘Tangkasaki‘ menjadi mobil wisata menyalahi aturan.

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan dalam suratnya bernomor AJ.502/7/12/DRJD/2021, yang ditandatangani langsung Dirjen Budi Setiyadi menyatakan bahwa upaya Pemkot Makassar merubah bentuk kendaraan angkut sampat itu telah menyalahi Peraturan Pemerintah nomor 55 tahun 2012 pasal 59 tentang kendaraan.

Surat itu ditujukan kepada Walikota Makassar, perihal tanggapan dan pemberitahuan tentang tindaklanjut surat bernomor 551/2689/XII/2020 terkait pengoperasian bus pariwisata.

Budi dengan tegas menyebut dalam suratnya, jika perubahan bentuk kendaraan angkutan sampah (tangkasaki) menjadi bus wisata Metro Makassar tidak sesuai dengan aturan.

Disamping itu, mobil barang juga disebut dilarang untuk digunakan sebagai angkutan orang, dengan berbagai pengecualian tertentu, termasuk adanya pertimbangan sebelumnya dari Kepolisian Negara Republik Indonesia dan/atau Pemda setempat.

“Hal itu dilakukan guna menjamin keselamatan serta kenyamanan penumpang,” tulis Budi di suratnya, per tanggal 15 Februari 2021.

Alasan lain dikemukakan Budi, jika angkutan orang harus menggunakan landasan mobil penumpang sesuai dengan peruntukan pada sertifikat uji tipe atau SUT.

Bus Pariwisata tersebut diketahui belum juga dioperasikan setelah diluncurkan oleh Gubernur Sulsel (nonaktif), Nurdin Abdullah, di Anjungan Pantai Losari, pada 3 Desember 2020 lalu.

Peluncuran itu merupakan ide dari Penjabat (Pj) Walikota Makassar saat itu, Rudy Djamaluddin. Dia menyebut bahwa perubahan truk sampah ‘tangkasaki‘ ke bus pariwisata karena dianggap cara kerjanya lebih konvensional, tidak layak menjadi armada pengangkut sampah, sehingga diubah menjadi bus pariwisata.(*)

loading...

Posmakassar.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya