Tidak Sejalan Visi Misinya, Danny Bakal Rombak Total Kabinet, SKPD Hingga Perusda

16 March 2021 16:35
Tidak Sejalan Visi Misinya, Danny Bakal Rombak Total Kabinet, SKPD Hingga Perusda

POSMAKASSAR.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar akan merombak total
struktur organisasi di lingkungannya. Konon, sebanyak 51 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) juga akan dilelang kembali.

Tak hanya itu, perombakan juga akan dilakukan di tingkat lurah, camat hingga jajaran Direksi Perusahan Daerah (Perusda).

Walikota Makassar, Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto menegaskan bahwa dirinya bersama Wakil Walikota, Fatmawati Rusdi akan merombak total struktur pemerintahan yang ada selama ini.

“Kita akan lelang nanti. Seluruh SKPD yang ada di Pemkot Makassar akan dilelang semua. Bukan hanya 8 atau 16 yang mengalami kekosongan saat ini. Tapi seluruhnya, 51 SKPD,” tegas Danny, Selasa (16/3/2021).

Terkait izin melakukan lelang, Danny mengaku sudah mempersiapkan semuanya. Komunikasi sudah dibangun dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Apalagi reformasi birokrasi merupakan merupakan visi misi Danny-Fatma.

Menurutnya, rencana lelang jabatan besar-besaran ini akan direalisasikan setelah rangkaian kegiatan program Makassar Recover, 18 Maret 2021.

“Setelah kegiatan Festival Smart Vaksinasi sebagai bagian dari program Makassar Recover, saya akan bertemu dengan Pak Dirjen, saya akan melaporkan soal lelang reformasi birokrasi ini,” tegas Danny.

Danny yakin semua bisa berjalan lancar, termasuk izin dari Mendagri. Meski saat ini usia pemerintahan belum cukup enam bulan, namun kekosongan yang terjadi, utamanya pejabat eselon II tidak bisa dibiarkan terlalu lama.

“Kalau sudah ada izin tidak masalah, sudah kita persiapankan semuanya, biar 1 hari bisa jadi. Secepatnya, saya kira tidak cukup sebulan saya bisa rombak semua,” bebernya.

Ia meminta lelang jabatan eselon II yang dilakukan secara transparan. Panitia Khusus (Pansus) yang ditunjuk juga merupakan orang yang punya integritas.

“Selama proses lelang saya jamin tidak ada nepotisme. Kami perintah untuk mengulangi lelang jabatan sesuai dengan UU dan segera menyusun Pansel yang adil melibatkan semua orang,” kata Danny.

Terkait direksi perusda, Danny mengatakan semua “boss” perusahaan daerah dalam tahap evaluasi. Ia mengaku ingin bekerja dengan orang yang punya integritas dan punya tujuan sama.

“Jadi bukan hanya SKPD, tapi jajaran Perusda juga mulai Dirut hingga jajaran,” tegasnya.

Dia juga mengaku komposisi manajemen atau orang-orang yang saat ini ada di tubuh Perusda dinilai tidak tepat, tidak sehati dan tidak sejalan dengan visi misinya.

“Kita akan total melakukan perombakan setelah ada izin lelang SKPD. Maka Perusda juga karena saya lihat tidak tepat saat ini. Bagaimana saya mau bekerja, kasih kencang Makassar kalau tidak sesuai. Orang-orang harus sehati, sepikiran. Jadi saya bisa bikin yang baru lagi, karena saya akan menyesuaikan dengan akselerasi,” jelasnya.

Tak cukup sampai disitu, semua lembaga dan badan-badan yang terbentuk berdasarkan SK Walikota juga akan dievaluasi. Dalam visi misinya, memang ada termaktub penataan total Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

Rencananya, Danny Pomanto akan membuat lembaga yang bisa mensinergikan kebijakan pembangunan ekonomi dari berbagai sektor.

“Pokoknya, akan ada perombakan total. Kan visi misi saya begitu. Penataan total BUMD. Saya mau bikin begitu,” pungkasnya. (*)

loading...

Posmakassar.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya