Bangun Kampus ITP, Pemkab Takalar Timbun Makam Keramat di Tamasaju

19 March 2021 18:30
Bangun Kampus ITP, Pemkab Takalar Timbun Makam Keramat di Tamasaju

POSMAKASSAR.COM – Pemerintah Kabupaten Takalar tetap ingin membangun kampus Institut Teknologi Pertanian diatas tanah pekuburan milik warga di Desa Tamasaju Kecamatan Galesong Utara Kabupaten Takalar.

Keseriusan tersebut dibuktikan dengan melakukan pelatakan batu pertama pembangunan kampus dengan melakukan kerjasama dengan Kampus Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Universitas Hasanuddin (UNHAS) oleh Bupati Takalar, Syamsari Kitta, Jumat (19/03/2021).

Meski muncul penolakan terhadap beberapa warga lantaran membangun kampus diatas pekuburan yang jenazahnya tak dipindahkan tetapi proses pembangunan tetap dilanjutkan.

Salah seorang warga, Syamsuddin mengaku ada puluhan makam atau kuburan yang berada diatas tanah wakaf yang dihibahkan kepada Pemerintah Kabupaten Takalar ditimbun tanpa memindahkan jenazahnya.

“Mungkin ada sekitar puluhan jenazah disini, tidak satupun yang dipindahkan, langsung saja dibolduzer oleh kontraktor,” ujarnya.

Ia menambahkan bahwa diantara makam tersebut, ada kuburan yang dikeramatkan milik tokoh yang dihormati di desa Tamasaju ikut juga ditimbun.

“Disini juga ada makam yang dikeramatkan oleh warga, makam itu makam milik tokoh yang sangat dihormati di desa Tamasaju,” tambahnya.

Sementara itu, Bupati Takalar, Syamsari Kitta tak tahu menahu persoalan adanya makam yang ikut ditimbun dalam proses pembangunan kampus.

“Saya tidak tahu itu, coba kita tanyakan saja kepada pemilik lahannya, singkatnya.

Warga berharap Pemerintah Kabupaten Takalar dapat melakukan ganti-rugi kepada pemilik lahan serta dapat memindahkan segera jenazah ketempat yang lain. (*)

loading...

Posmakassar.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya