Keluarkan Pernyataan 2 Meterai , Ahli Anggap Mantan Karyawan BRI Makassar Lakukan Pemalsuan

21 March 2021 22:13
Keluarkan Pernyataan 2 Meterai , Ahli Anggap Mantan Karyawan BRI Makassar Lakukan Pemalsuan

POSMAKASSAR.COM – Kasus raibnya uang Rp 400 juta di Bank Rakyat Indonesia (BRI) oleh nasabah Sigit Prasetya memunculkan masalah baru. Pasalnya baru-baru ini, karyawan BRI yang menawarkan program Simpedes hadiah langsung, Zul Ilman Amir mengeluarkan pernyataan diduga adanya pemalsuan dokumen.

Didalam surat pernyataan tersebut yang dikeluarkan pada tanggal 18 Maret 2020, Zul Ilman Amir menuliskan beberapa point pernyataan yang salah satunya menyatakan jika Sigit Prasetya tertarik tawarannya dengan menginvestasikan uangnya dengan bunga tinggi namun bunga tersebut tidak ada di BRI sehingga menyuruh Sigit untuk menarik kembali uangnya dan diserahkan secara personal.

Surat pernyataan tersebut menimbulkan polemik lantaran diakhir pernyataan, ada 2 lembar materai Rp 6.000 sementara aturan materai Rp 6.000 2 lembar baru berlaku pada tahun 2021.

Menurut Ahli pidana Makassar, Audina Mayasari mengatakan seharusnya meterai tersebut berlaku Januari 2021, bukan tahun 2018.

“Kalo berdasarkan Pasal 263 KUHP pemalsuan dibagi dua. Ada dokumen yang tidak ada awalnya diada-adakan atau bisa juga dianggap pemalsuan jika memang benar ada dokumen seperti itu. Tapi berbeda dengan aslinya bisa mungkin diubah tanda tangannya atau isinya,” jelasnya, Minggu (21/03/2021).

“Jadi dokumen ini harus dilakukan pemeriksaan kembali apakah itu termasuk pemalsuan dokumen,” jelasnya.

Ia menuturkan, apapun yang dilakukan baik Zul Ilman Amir dan BRI yang mengubah substansi dari surat tersebut akan ada konsekuensi.

“Ada akibat hukum dengan mengubahnya sudah bisa dianggap pemalsuan,” pungkasnya.

Sebelumnya , Warga Makassar mengeluhkan uangnya hilang di BRI setelah dirinya sempat menabung dan ingin menariknya kembali satu bulan kemudian tetapi betapa kagetnya uang sebesar Rp 400 juta hilang setelah 49 detik melakukan transaksi. (*)

loading...

Posmakassar.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya