PPKM Mikro Tahap IV di Kota Makassar Diperpanjang Hingga 5 April 2021

23 March 2021 06:38
PPKM Mikro Tahap IV di Kota Makassar Diperpanjang Hingga 5 April 2021

POSMAKASSAR.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar kembali memperpanjang masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro, yang akan berakhir hari ini, Selasa (23/3/2021). 

PPKM Mikro ini dikabarkan diperpanjang hingga 5 April 2021.

Hal ini disampaikan Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Makassar, Akhmad Namsum.

“Jadi PPKM Mikro kita perpanjang. Rencananya, sampai tanggal 5 April 2021, tentunya dengan merujuk pada Instruksi Mendagri. Pemkot hanya menindaklanjuti terkait dengan putusan pusat tersebut,” ujarmya.

Meski diperpanjang, Akhmad mengakui jika PPKM ini tidak bertentangan dengan konsep Makassar Recover, karena sama-sama merujuk kepada upaya penerapan Protokol Kesehatan (Prokes).

“Saya pikir ini tidak bertentangan dengan program Makassar Recover, karena semua acuannya sama, yakni Prokes. Yang kita mau tegakkan adalah protokol kesehatan, dan kalau kita lihat aturan Mendagri 2021 nomor 6 kali ini, keliatan ada beberapa ruang yang sudah dibolehkan, seperti perguruan tinggi sudah bisa buka, kemudian kegiatan budaya sudah bisa, dengan catatan persentasenya maksimal 25%,” katanya.

Terkait penegakan aturan, dia menegaskan tetap berada dalam kendali Satpol PP yang akan berfungsi sebagai pengawas.

“Dengan adanya edaran Walikota sebagai tindaklanjut dari Instruksi Mendagri tersebut, saya pikir semua pihak sudah memahaminya, dengan catatan pokok adalah bagaimana menciptakan Makassar agar cepat keluar dari situasi dan kondisi Pandemi Covid-19,” katanya.

“Apalagi dengan adanya program Makassar Recover, Insya Allah semakin menguatkan kita untuk segera bisa mengatasi wabah dan akan cepat dalam situasi yang baik,” tutupnya

Sementara Walikota Makassar, Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto juga membenarkan hal tersebut.

Menurutnya, perpanjangan PPKM Mikro ini merupakan instruksi dari pemerintah pusat.

“Saat ini kita ikut instruksi pusat, karena Makassar Recover sementara masih dalam tahap uji. Kalau semuanya sudah berjalan lancar, nanti kami akan menghadap ke pihak kementerian untuk membicarakan ini,” ungkapnya.

Diketahui, Walikota Makassar telah menandatangani Surat Edaran (SE) Nomor: 443.01/98/S.Edar/Kesbangpol/III/2021, tentang Perpanjangan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro tahap IV.

Dalam SE tersebut, Pemkot Makassar menegaskan bahwa keputusan tersebut merujuk Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 6 Tahun 2021 yang terbit pada tanggal 19 Maret 2021, tentang perpanjangan masa pemberlakuan Pelaksanaan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro (PPKM Mikro), mulai 23 Maret hingga 5 April 2021, untuk Pengendalian Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Selain itu, dalam SE tersebut juga mencantumkan Peraturan Walikota Makassar Nomor 51 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penerapan Hukum Protokol Kesehatan sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Untuk itu maka Pemerintah Kota Makassar Menginstruksikan hal-hal sebagai berikut:

1. Membatasi tempat kerja atau perkantoran dengan menerapkan Work From Home (WFH), sebesar 50% dan Work Form Office (WFO) sebesar 50%, dengan melakukan protokol kesehatan dengan lebih ketat.

2. Melakukan kegiatan belajar mengajar daring atau online.

3. Melakukan pengaturan pemberlakuan pembatasan:

a. Kegiatan restoran makan/minum di tempat sebesar 50%, dan untuk layanan melalui pesan antar tetap diizinkan, sesuai dengan jam oprasional restoran, dengan menerapkan Protokol Kesehatan yang lebih ketat.

b. Pembatasan jam oprasional pusat perbelanjaan/mall sampai dengan pukul 21.00 Wita, dengan penerapan protokol kesehatan, yang lebih ketat.

4. Mengizinkan kegiatan kontruksi beroperasi 100%, dengan penerapan protokol kesehatan yang lebih ketat.

5. Mengizinkan tempat ibadah dilaksanakan dengan pembatasan kapasitas sebesar 50%, dengan penerapan protokol kesehatan yang lebih ketat.

6. Untuk kegiatan sosial budaya yang dapat menimbulkan kerumunan dihentikan sementara.

7. Camat/Lurah mengaktifkan posko Covid-19 di wilayah masing-masing. (*)

loading...

Posmakassar.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya