Warga RT09/RW08 Kompleks Perumahan Gubernur Laksanakan Shalat Idul Adha Dengan Prokes Ketat

21 July 2021 11:06
Warga RT09/RW08 Kompleks Perumahan Gubernur Laksanakan Shalat Idul Adha Dengan Prokes Ketat

POSMAKASSAR.COM – Shalat Idul Adha 1442 Hijriah menjadi salah satu fokus perhatian pemerintah saat ini dalam upaya mencegah terjadinya lonjakan kasus Covid-19 khususnya di hari lebaran. Pasalnya, pada momentum tersebut dikuatirkan akan menimbulkan kerumunan.

Namun berbeda dengan pelaksanaan shalat Idul Adha 1442 Hijriah bagi warga RT09/RW08 Kompleks Perumahan Gubernur, Antang, Kecamatan Manggala, Kota Makassar. Mereka tetap melaksanakan sholat dilapangan terbuka dengan khidmat dan tetap menjalankan Protokol Kesehatan yang cukup ketat, Selasa (20/7/2021).

Selain pembatasan 25 persen jemaah yang mengikuti shalat dan penetapan jarak maksimal, pelaksanaan shalat Ied ini juga berlangsung dengan penerapan protokol kesehatan (prokes) ketat lainnya, dimana para jamaah diwajibkan memakai masker.

Ketua PBHI Masjid Ulil Amri Kompleks Perumahan Gubernur, Ir Andi Ramiz mengatakan, jauh hari pihaknya telah mengatur rencana pelaksanaan shalat Ied ini bersama pihak panitia, dengan menetapkan berbagai aturan terkait Prokes yang telah ditetapkan pemerintah, terutama anjuran Menteri Agama (Menag) RI.

“Intinya, kami tetap menerapkan Prokes ketat, antara lain pembatasan jumlah jamaah, jaga jarak dan kewajiban bawa sajadah masing-masing serta tetap menggunakan masker,” kata And Ramiz.

“Kalau Shalat Ied dilapangan, kan juga biasanya jamaah sudah mandi dan berwudhu dari rumah, jadi tidak ada juga antrean untuk berwudhu. Malah pas selesai, kami juga menganjurkan semua jamaah harus langsung pulang ke rumah untuk menghindari kerumunan,” tambahnya. (*)

loading...

Posmakassar.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya