Bantuan dari Kemensos Bakal Cair, Pemkot Siapkan 70 Ribu Kartu Bansos

22 July 2021 00:59
Bantuan dari Kemensos Bakal Cair, Pemkot Siapkan 70 Ribu Kartu Bansos

POSMAKASSAR.COM — Bantuan beras dan uang tunai dari pihak Kementerian Sosial (Kemensos) sebentar lagi akan cair. Di Makassar, masyarakat harus mengantongi kartu khusus.

Pemkot Makassar menyiapkan 70 ribu kartu yang akan dibagikan kepada masyarakat yang berhak menerima bansos ini.

Walikota Makassar, Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto menegaskan, bagi masyarakat yang terdaftar sebagai penerima kartu ini mesti melakukan vaksin terlebih dahulu. Hal itu untuk mendorong percepatan vaksinasi.

“Jadi ada 70.000 kartu akan dibagi. Saya berharap kartu ini dibagi dan menjadi bagian dari vaksinasi. Jadi saya menghimbau pemegang kartu ini dan keluarganya kita vaksin dulu, untuk menjamin mereka menikmati kartu ini,” ujar Danny, Rabu (21/7/2021).

Saat ini kartu-kartu tersebut tengah dibagikan di tiap kelurahan untuk segera didistribusikan ke masyarakat yang telah vaksinasi.

Setelah kartu diterima, Danny memastikan bantuan berupa uang bisa dinikmati oleh masyarakat. Tidak ada penundaan.

“Jadi secepatnya, bersamaan dengan vaksinasi nanti. Jadi begitu selesai langsung turun bantuannya. Dia langsung terima uangnya di situ di kartunya,” ujarnya.

Sementara Plt Kepala Dinas Sosial, Asvira Anwar mengakui bahwa bantuan dari Kementerian Sosial ini akan disalurkan di dua instansi berbeda yaitu di Pos Indonesia dan Badan Logistik (Bulog) masing-masing daerah.

Bantuannya dilaporkan berbentuk beras sebanyak 10 Kg yang akan disalurkan Bulog dan uang tunai lewat Kantor Pos Cabang Makassar dan BRI. Hanya saja dirinya belum bisa sesumbar lantaran belum mengetahui pasti porsi yang diterima Makassar.

“Kita belum full juga datanya, begitu juga dengan bantuan uang tunai, karena mereka (Kementerian) yang salurkan langsung,” ujarnya.

Lebih jauh, Asvira mengakui belum ada program khusus yang didorong pemkot lewat APBD dalam mendorong program JPS. Dirinya masih menunggu instruksi dari Walikota Makassar untuk program yang akan datang.

“Mungkin kita akan perbaiki dulu data, kita fokus dulu di perbaikan data. Kita kan tau kemarin datanya itu bagaimana di 2020 lalu,” pungkasnya. (*)

loading...

Posmakassar.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya