Pengoperasian Isolasi Apung KM Umsini Ditunda, Danny: Penyerahan Kapal Harus Ada MoU Dengan Kemenhub

30 July 2021 15:09
Pengoperasian Isolasi Apung KM Umsini Ditunda, Danny: Penyerahan Kapal Harus Ada MoU Dengan Kemenhub

POSMAKASSAR.COM — Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar menunda program pemanfaatan isolasi apung KM Umsini dari jadwal sebelumnya pada Kamis (29/7/2021) kemarin ke bulan Agustus mendatang.

Walikota Makassar, Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto menyebut, alasan Pemkot Makassar menunda program tersebut diakibatkan penyerahan kapal KM Umsini harus melalui nota kesepahaman (MoU) dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Republik Indonesia.

Danny mengatakan, perwakilan Kementerian Perhubungan akan datang ke Makassar Senin mendatang.

“Betul ini hari (Kamis) saya mau jalankan, tapi ada permintaan dari pusat, harus ada MoU dulu dengan Kementerian Perhubungan untuk penyerahan kapal. Insya Allah, MoU diminta hari Senin,” ujar Danny saat ditemui di kediamannya, Kamis (29/7/2021) malam.

Danny mengungkapkan saat ini sudah ada 112 penumpang yang telah bersedia isolasi di Kapal Umsini. Namun ditunda karena penandatanganan MoU. Hal itu menyebabkan calon penumpang harus melakukan tes kesehatan terlebih dahulu.

“Kita tunggu dulu, menyesuaikan karena ini ditunda, otomatis suda ada yang sembuh, nah baru lagi kita cari, ini mau di tes ulang lagi,” terangnya.

Adapun kriteria pasien covid yang berhak di isolasi apung yakni pasien yang memiliki gejala ringan dan sedang. Sementara yang berat akan tetap di rawat di Rumah Sakit (RS).

Langkah ini diambil Pemkot Makassar untuk mengantisipasi rumah sakit yang menangani Covid-19 di Makassar agar tidak kelebihan pasien atau penuh.

“Jadi kami akan konsultasikan dengan teman-teman dokter dan para ahli kesehatan yang jelas adalah kita ingin mendukung rumah sakit, jangan sampai penuh karena orang bergejela ringan saja, padahal orang bergejala berat dan sedang tidak terlayani karena dipenuhi dengan bergejala ringan apalagi OTG. Jadi, kita akan pisahkan yang ringan dan OTG jangan ke rumah sakit lagi, tapi tinggal di isolasi di kapal saja. Sedangkan yang gejala berat, mereka bisa ditangani di rumah sakit,” jelasnya.

Untuk memberi kenyamanan peserta atau pasien isolasi apung di kapal KM Umsini, akan diberi hiburan seperti olah raga di pagi atau sore hari, lalu pada malam hari akan diputarkan film, dan kapal tersebut akan diberi fasilitas jaringan wifi internet.

“Orang di isolasi disini harus dihibur tentu diberikan fasilitas wifi, televisi, kita berika game game pagi atau sore kita beri olah raga, malam hari kita kasih nonton film,” kata Danny.

Kapal KM Umsini, saat digunakan isolasi mandiri akan berlabuh sekitar 300 meter dari Pelabuhan Makassar. Peserta isolasi apung akan diantar menggunakan kapal kecil yang telah disiagakan di sekitar kapal

Kapal penumpang ini merupakan kapal penumpang milik PT Pelni yang dihentikan sementara pengoperasiannya akibat pandemi Covid-19. (*)

loading...

Posmakassar.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya