Layanan Perizinan Makassar Terburuk di Indonesia, Danny : Tidak Satu Pintu Jadi Lahan Korupsi

27 October 2021 01:10
Layanan Perizinan Makassar Terburuk di Indonesia, Danny : Tidak Satu Pintu Jadi Lahan Korupsi

POSMAKASSAR.COM – Layanan perizinan di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kota Makassar mendapat penilaian terburuk di Indonesia dari Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Menanggapi hal tersebut, Walikota Makassar Ramdhan ‘Danny’ Pomanto mengakui bila DPM-PTSP Kota Makassar sudah jauh dari apa yang diharapkan, karena faktanya sudah tidak lagi melakukan pelayanan satu pintu, melainkan melewati banyak pintu.

Dia pun menyebut bahwa penilaian buruk itu disebabkan oleh Peraturan Walikota (Perwali) di era sebelum dia menjabat saat ini.

“Parah memang, contohnya (pengurusan) IMB. Kasihan, Zul (Plt Kadis PM-PTSP saat ini), kasihan dia. Jadi kita akan coba ubah Perwalinya, karena itu zamannya (Walikota) sebelumnya,” ujar Danny dalam keterangannya kepada wartawan di Makassar, Selasa (26/10/2021).

Danny tidak secara spesifik menyebut siapa Walikota sebelumnya yang dimaksud.

“Kita akan benahi, kita benahi pelayanan publik, dan kita akan bekerja. Itu kan kemarin rusak semua, SK Perwalinya bukan satu pintu ke PTSP, tapi banyak pintu. Jadi jendela (SKPD lain). Memang harus kembali ke PTSP, kenapa kasih ke luar,” terangnya.

Menurut Danny, kondisi pelayanan izin di Makassar yang tidak lagi satu pintu di DPM-PTSP berpeluang menjadi lahan korupsi.

“Itu peluang besar sekali untuk korupsi. Jadi itu mi gunanya, selama dua tahun ini rusak semua, kehancuran birokrasi Makassar terburuk di Indonesia,” kata Danny.

Sementara itu, Plt Kadis DPM-PTSP Makassar Zulkifli mengatakan akan memperbaiki sistem yang ada. Pihaknya menargetkan setiap pelayanan perizinan segera selesai.

“Nanti kita evaluasi, perbaiki, kita buat sistemnya bagaimana pelayanan bisa cepat, begitu jadi setiap pelayanan itu harus ada satuan waktunya,” kata Zulkifli.

Untuk diketahui, pelayanan perizinan di DPM-PTSP Makassar dinilai menjadi terburuk se-Indonesia berdasarkan Keputusan Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Republik Indonesia tentang penetapan hasil penilaian kinerja pelayanan terpadu satu pintu dan kinerja percepatan pelayanan berusaha Pemerintah Daerah Tahun 2021.

Makassar mendapat penilaian kurang baik di urutan nomor 71 dengan nilai 58.796 dari 93 Kota di Indonesia, sementara di urutan teratas adalah Kota Semarang, Bekasi dan Bandung. (*)

loading...

Posmakassar.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya