Buat Inovasi Pelayanan Publik, KOMPAK Beri Penghargaan Ke Bantaeng dan Pangkep

Redaktur
Redaktur

Kamis, 11 November 2021 21:00

Buat Inovasi Pelayanan Publik, KOMPAK Beri Penghargaan Ke Bantaeng dan Pangkep

POSMAKASSAR.COM – Forum Inspirasi Sulawesi Selatan memberikan penghargaan kepada Bupati Bantaeng, Ilham Syah Azikin bersama Bupati Pangkep, Muhammad Yusran Lalogau yang diserahkan langsung Plt Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman.

Penghargaan tersebut merupakan sebuah program hasil kolaborasi antara Pemprov dan program KOMPAK (Kolaborasi Masyarakat Pelayanan untuk Kesejahteraan Kemitraan Pemerintah Australia- Indonesia).

Penyerahan penghargaan dalam kegiatan ini mengusung tema ‘Peningkatan Pelayanan Publik untuk Sulawesi Selatan yang Melayani, Inovatif dan Berkarakter’.

Forum Inspirasi Sulawesi Selatan ini memaparkan terkait inovasi-inovasi yang berhasil di implementasikan di Kabupaten Bantaeng dan Pangkep.

Inovasi tersebut menyangkut peningkatan kualitas layanan dasar dan penyediaan forum dan sarana untuk mengumpulkan aspirasi masyarakat bagi pembangunan desa yang lebih responsif dan inklusif.

Salah satu inovasi yang telah teruji adalah layanan pendidikan ‘Kelas Perahu’ yang telah membantu masyarakat Pangkep mengurangi jumlah anak nelayan yang putus sekolah. Awalnya jumlah anak nelayan yang putus sekolah di tahun 2016-2017 hingga 2,25 persen dan saat ini berhasil di tekan di angka 1 persen.

Di Kabupaten Bantaeng, bentuk inovasinya berupa layanan ‘Adminduk Baik, Bantaeng Baik,” Dan ‘Posko Aspirasi’ yang telah membantu penguatan kapasitas Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dalam menjalankan peran dan fungsi untuk menggali aspirasi dan pengaduan masyarakat untuk mendukung akuntabilitas sosial di Desa.

Tim Leader KOMPAK, Anna Winoto menjelaskan, kegiatan ini merupakan bentuk kontribusi dalam hal kesejahteraan masyarakat.

“Ini bentuk kontribusi untuk kesejahteraan melalui akses dan layanan dasar, contohnya pendidikan dan tata kelola di tingkat desa. Salah satunya yang berjalan adalah program
Kelas Perahu ini,” kata Anna

Lanjut dia, ini merupakan kali kedua dari upaya KOMPAK mendukung masyarakat Indonesia khusunya di Bantaeng dan Pangkep.

“Kami memberi dukungan sejak 2015 dan itu tahap pertama. Di tahap kedua diselenggarakan mulai 2019 dan akan berakhir di 2022,” ucapnya.

Atas kerja keras menghadirkan inovasi tersebut, Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman sangat mengapresiasi Pemkab Bantaeng dan Pangkep, “Peningkatan layanan publik untuk Sulsel merupakan tantangan pembangunan untuk memastikan masyarakat miskin dan rentan memiliki layanan terhadap akses dasar khususnya layanan pendidikan, kesehatan dan layanan administrasi kependudukan,” ucapnya. (*)

 Komentar

Berita Terbaru
Metro28 Maret 2024 05:10
PJ Sekda Sebut Longwis & Jagai Anakta Jadi Program Keterlibatan Peran Perempuan
POSMAKASSAR.COM — PJ Sekda Kota Makassar, Firman Hamid Pagarra menyambut kunjungan kerja Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P...
Metro28 Maret 2024 05:04
Pj Ketua DWP Kota Makassar Fadliah Firman Dampingi Menteri PPPA
POSMAKASSAR.COM — Pj Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Makassar, Fadliah Firman, bersama sejumlah pengurusnya, mendampingi Menteri Pember...
Metro28 Maret 2024 05:00
Menteri PPPA Apresiasi Semangat Perempuan Berdaya di Makassar
POSMAKASSAR.COM— Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI, I Gusti Ayu Bintang Darmawati juga dikenal sebagai Bintang Puspayog...
Metro27 Maret 2024 23:41
Dinsos Makassar Akan Berikan 100 Panti Asuhan Beras Jenis Premium
POSMAKASSAR.COM — Dinas Sosial Kota Makassar akan memberikan 100 panti asuhan bantuan berupa beras. Bantuan beras tersebut akan dibagikan dalam ...