Antisipasi Ledakan Covid-19 Saat Nataru, Danny Persiapkan PPKM Level 3 di Makassar

22 November 2021 16:31
Antisipasi Ledakan Covid-19 Saat Nataru, Danny Persiapkan PPKM Level 3 di Makassar

POSMAKASSAR.COM – Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 serentak kembali akan diterapkan di seluruh Indonesia.

Menanggapi hal tersebut, Walikota Makassar Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto mengaku masih menunggu instruksi Kementerian Dalam Negeri (Mendagri).

Danny mengatakan, kebijakan penerapan PPKM Level 3 itu pada dasarnya hanya sebagai bentuk pencegahan dan bukan karena kondisi kasus Covid-19 meningkat.

“Iya, hanya langkah antisipasi kemungkinan akan merebaknya penyebaran Covid-19, khususnya pada jelang, saat dan setelah perayaan natal dan tahun baru (Nataru),” kata Danny, Senin (22/11/2021).

“Makassar sebagai salah satu kota terbesar di Indonesia tentunya akan mengikuti instruksi pemerintah pusat. Meski begitu, rencana PPKM level 3 itu lebih awal kita sudah siapkan,” imbuhnya.

Menurutnya, acara-acara keramaian terkait PPKM Level 3 kemungkinan akan ditiadakan saat Nataru.

“Tapi kita tunggu saja nanti. Misalnya tahun baru, kalau peribadatan tetap, mudik tidak bisa. Semua itu harus dijaga. Kami akan menjaga sesuai perintah negara,” ujarnya.

Kata Danny, gelombang ketiga Covid-19 memang harus diwaspadai. Apalagi, beberapa negara telah dilanda pandemi gelombang ketiga.

Pemberlakukan PPKM Level 3 dianggap sebagai salah satu cara pemerintah mencegah kembali ledakan Covid-19.

Belum jelas apakah sektor lain seperti pendidikan, perhotelan, hiburan dan lainnya tetap akan dibuka atau tidak.

“Tentunya akan saya sampaikan juga nantinya ke teman-teman pengusaha. Juga umat kristiani kalau peribadatan itu bisa saja, tapi barangkali acara-acara keramaian akan ada pembatasan atau bisa jadi itu ditiadakan,” paparnya.

Selain itu, warga juga dilarang pulang kampung atau melakukan perjalanan keluar daerah.

“Biasanya kalau level 3 itu tidak dibolehkan. Tapi siapa tahu level 3 sekarang ini agak spesifik,” paparnya.

Diketahui, pemerintah pusat mewacanakan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 di seluruh Indonesia.

Kebijakan tersebut berlaku pada 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022  mendatang.

Kebijakan ini diambil pemerintah pusat sebagai upaya menekan mobilitas masyarakat pada libur Nataru.

Aturan terkait PPKM level 3 di seluruh Indonesia akan dirumuskan melalui instruksi menteri dalam negeri (Inmedagri). (*)

loading...

Posmakassar.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya