Ubah 100 Gang Jadi Lorong Wisata, Pemkot Makassar Siapkan Anggaran Rp 5 Miliar

04 January 2022 05:05
Ubah 100 Gang Jadi Lorong Wisata, Pemkot Makassar Siapkan Anggaran Rp 5 Miliar

POSMAKASSAR.COM – Pemerintah Kota Makassar menyiapkan anggaran Rp 5 miliar untuk mengubah 100 gang di Makassar menjadi lorong wisata.

Program lorong wisata ini, diharapkan bisa menarik wisatawan ke Makassar.

“Kita bikin sebaik mungkin dengan konsep wisata, ada spot fotonya, ada wisata kulinernya dengan UMKM yang dijual masyarakat sekitar, kemudian juga kita beri warna warni biar lebih bersih dan cantik saat dikunjungi,” kata Kadis Pariwisata Kota Makassar, Muhammad Roem dalam keterangannya kepada wartawan, Senin (3/1/2022).

Seratus gang yang dibuat jadi lorong wisata itu merupakan program Walikota Makassar, Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto dan dijalankan Dinas Pariwisata.

Gang yang akan dibuat menjadi lorong wisata tersebut, nantinya tetap mengacu pada karakter gang tersebut.

“Contohnya kalau lorongnya potensi kuliner di situ, maka kita bikin lorong kuliner, di dalamnya ada jualan makanan rakyat, yang memang banyak disukai oleh masyarakat. Kalau lorongnya cocoknya konsep gambar, maka kita akan isi gambar mural, gambar kartu atau warna warni biar masyarakat bisa foto foto juga di sana,” sebutnya.

Selain itu, beberapa lorong dikonsep oleh SKPD terkait di Kantor Balai Kota Makassar.

“Ada juga ketahanan pangan, ada juga Dinas Koperasi yang bisa mengurusi UMKM-nya. Kalau ketahanan pangan munkin lebih kepada menyulap lorong jadi lebih hijau, dengan beberapa tanaman seperti sayur hingga buah, termasuk budi daya ikan, tapi silahkan tanyakan SKPD terkaitnya,” jelasnya.

Program itu dihadirkan, tambahnya, juga  sebagai bagian dari untuk upaya mendorong pemulihan ekonomi.

“Sesuai dengan keinginan pak Walikota, lorong wisata ini kan upgrading dari lorong garden dan badan usaha lorong,” ujarnya.

Untuk membuat lorong wisata itu, Dinas Pariwisata Kota Makassar telah menyiapkan anggaran pada 2022.

“Anggarannya Rp 5 miliar, prosesnya akan segera dijalankan,” pungkasnya. (*)

loading...

Posmakassar.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya