Polisi Bongkar Praktek Pembuatan Hasil PCR dan Swab Antigen Palsu di Klinik Kecantikan

18 January 2022 21:13
Polisi Bongkar Praktek Pembuatan Hasil PCR dan Swab Antigen Palsu di Klinik Kecantikan

POSMAKASSAR.COM – Aparat Kepolisian berhasil mengungkap praktek jasa pembuatan hasil PCR dan Swab Antigen tidak resmi atau palsu di Kota Makassar.

Lokasi praktek jasa pembuatan PCR dan Swab Antigen palsu itu, berada dalam suatu klinik kecantikan HOB, di Jalan Andi Djemma, Kota Makassar.

Pengungkapan itu bermula saat polisi menyelidiki laporan seorang warga yang mengaku kehilangan handphone.

“Berawal saat ada seorang warg yang melapor bahwa handphone miliknya hilang di lokasi klinik. Setelah itu anggota menuju kesana untuk melakukan penyelidikan,” ungkap Kanit Reskrim Polsek Rappocini, AKP Moh Arifin kepada wartawan, Selasa (18/1/2022).

Setelah digeledah, petugas pun mendapati sejumlah berkas maupun bukti lainnya terkait pemalsuan surat PCR dan Swab Antigen untuk keperluan penerbangan.

Arifin menerangkan, berdasarkan keterangan dari pemilik klinik kecantikan, CH mengakui pembuatan hasil pemeriksaan tes PCR dan Swab Antigen miliknya tidak resmi.

“Dia menerima jasa pembuatan hasil PCR dan Antigen secara tidak resmi atau fiktif, digunakan untuk persyaratan penerbangan dan CH mengerjakan pemalsuan dokumen itu,” jelasnya.

Arifin menyebutkan, bahwa PCR dan Swab Antigen itu dibuat dengan hanya mengirimkan identitas bagi masyarakat yang ingin membuat surat keterangan bebas Covid-19, tanpa harus melalui pemeriksaan. Namun, pembayarannya dilakukan terlebih dahulu.

“Biaya pengurusan PCR dan Swab Antigen antara lain PCR Rp700.000 – Rp900.000 dan Antigen Rp200.000 – Rp400.000. Pembayaran diawal melalui transfer kepadanya (CH),” bebernya.

Selain mengamankan CH yang juga seorang dokter kecantikan, kata Arifin, pihaknya juga mengamankan sejumlah barang bukti berupa handphone, iPad, printer, monitor dan CPU serta tiga alat debit.

“Sementara kasus ini ditangani Polrestabes Makassar untuk proses hukum lebih lanjut,” tutupnya. (*)

loading...

Posmakassar.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya