Usung Konsep Metaverse, F8 Akan Dibuka Presiden Jokowi

21 June 2022 01:45
Usung Konsep Metaverse, F8 Akan Dibuka Presiden Jokowi

POSMAKASSAR.COM–International Eight Festival and Forum (F8) yang diselenggarakan PT Festival Delapan Makassar akan kembali hadir pada 7-11 September mendatang. 

Event ini akan disupport Pemerintah pusat dan Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar. 

Walikota Makassar, Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto mengatakan, jika tidak ada kendala, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) rencananya akan membuka langsung event ini. 

“Saya kira kami sangat bangga kalau dibuka oleh bapak presiden, karena ini menjadi kick off pariwisata,” ujarnya saat memantau lokasi event F8 di Pantai Losari, Senin, 20 Juni 2022. 

Selain Presiden Jokowi, Danny juga akan mengundang sejumlah kepala daerah. 

“Kita undang seperti (Gubernur) Jawa barat. Kita undang semua untuk kolaborasi setelah pandemi ini lebih kuat,” ucapnya. 

Danny mengatakan, telah menyiapkan tema dengan memadukan konsep metaverse. 

“Lagi disiapkan metaversenya. Begitu orang masuk, langsung melihat menara New Balai kota,” kata Danny.

Meski pelaksananya dari pihak swasta, lanjut Danny, namun program dan visinya tetap dari Pemkot Makassar. 

Diketahui, kegiatan F8 ini terdiri dari food, flower, fashion, film, fiction writer, fussion jazz, folk, dan fine art. 

Banyak pelaku seni, budaya hingga UMKM akan terlibat. Tujuannya untuk membangkitkan perekonomian Makassar. 

Pemkot Makassar dalam hal ini Dinas Pariwisata (Dispar) Makassar akan mensupport dan anggarannya diperkirakan sebesar Rp 2 miliar. 

Kepala Dispar Makassar, Muhammad Roem mengatakan, pemerintah pusat akan mensupport dalam bentuk program, sementara Pemkot Makassar menyediakan lokasi penyelenggaraan. 

“Kalau APBD itu supporting kurang lebih Rp 2 miliar. Pemerintah pusat tidak bentuk uang tapi program. Jadi program publikasi yang dipublikasikan adalah F8,” ujar Roem. 

F8 ini telah masuk dalam program top ten program Kharisma Event Nusantara (KEN) yang diluncurkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno. (*)

loading...

Posmakassar.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya