Holywings Makassar Tutup Sementara, Danny : Buntut Kasus Promo Minuman Beralkohol

30 June 2022 00:00
Holywings Makassar Tutup Sementara, Danny : Buntut Kasus Promo Minuman Beralkohol

POSMAKASSAR.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar mengapresiasi pihak manajemen Holywings Makassar yang telah berinisitif menutup sementara aktifitas usahanya, di Jalan Metro Tanjung Bunga, Kota Makassar.

Walikota Makassar Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto mengatakan, pihak pengelola  Holywings Makassar telah menutup aktifitas usahanya sejak Sabtu (24/6/2022) lalu.

Penutupan ini, kata Danny, hanya bersifat sementara buntut kasus promo minuman beralkohol gratis untuk warga bernama ‘Muhammad’ dan ‘Maria’ dari Holywings di Jakarta.

“Tutup, mereka sudah tutup sejak Sabtu (25/6/2022) lalu,” ujar Danny, Rabu (29/6/2022).

Danny mengatakan bahwa penutupan ini dilakukan karena outlet Holywings di Makassar dikuatirkan akan terdampak promo miras Holywings yang kontroversial di Jakarta. Namun dia menegaskan kembali, bahwa penutupan itu hanya bersifat sementara.

“Demi keamanan, maka sebelumnya juga kita sudah minta (pihak pengelola) untuk tutup sementara, karena ini kan resistensinya tinggi,” jelas Danny.

Danny juga menyinggung banyak pihak yang meminta Pemkot Makassar untuk mencabut izin usaha Holywings di Makassar. Namun Danny menegaskan bila pandangan itu tidak tepat.

“Saya bilang sama teman-teman kalau ada bukti pelanggarannya. Kan tidak elok itu pelanggarannya di Jakarta di sini ditutup. Tidak boleh kita latah, ini kan hukum,” katanya.

Dia kemudian menyinggung Pemkot Makassar dulu pernah menutup paksa outlet Holywings karena pelanggaran jam malam saat pandemi.

“Dulu saja waktu saya cabut izinnya, itu kan juga tak ada desakan, tapi memang melanggar,” katanya.

Danny mengaku belum bisa memprediksi sampai kapan outlet Holywings di Makassar bakal ditutup sementara. Dia mengatakan, jangka waktu penutupan tergantung situasi dan kondisi.

“Kita lihat situasi saja, sampai resistensi mereda,” katanya.

Sementara Ketua Asosiasi Usaha Hiburan Makassar (AUHM), Zulkarnaen Ali Naru membenarkan ihwal penutupan sementara Holywings Makassar.

Menurut Zul, sapaan akrabnya, penutupan sementara adalah jalan terbaik. Apalagi tuntutan penutupan ini tidak hanya datang dari satu kelompok.

“Ini jalan terbaik. Dan, tentunya kita patut menghargai upaya pihak manajemen Holywings Makassar yang berinisiatif menutup sendiri outletnya. Sebelumnya, Pemkot Makassar juga menyarakan demikian, sambil menunggu hasil proses hukum yang ditangani aparat kepolisian saat ini. Begitupun untuk masyarakat, kami tetap mengapresiasi suara mereka,” ujarnya.

Zul juga mengaku sudah mengimbau usaha hiburan lain yang tergabung dalam keanggotaannya, agar bisa belajar dari kasus Holywings.

“Saya sudah himbau teman-teman pengusaha juga, jangan melakukan promosi Miras dan apalagi yang bisa mengandung unsur SARA. Harus berhati-hati. Cukup promosikan saja event-event dari tempat masing-masing,” ucapnya.

Sementara Manajer Operasional Holywings 
Makassar, Suherman mengaku penutupan dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Kata dia, Pemkot Makassar dan aparat kepolisian sebelumnya memang telah merekomendasikan agar outlet yang terletak di jalan Metro Tanjung Bunga itu ditutup sementara.

“Jadi, kita berhenti beroperasi sementara sampai batas waktu yang tidak ditentukan. Sesuai arahan dari Pemkot dan pihak kepolisian,” ujarnya, Rabu (29/6/2022). (*)

loading...

Posmakassar.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya